Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 10 2022

    Pernah Viral, Lagu Gaby "Tinggal Kenangan" Benar Ada Kisah Misterinya?

    Lo dulu sempet takut enggak denger lagu ini?

    Lagu "Tinggal Kenangan" atau "Lagu Gaby" (YOUTUBE/NAGASWARA Digital Media)


    Tahun 2007-2008, dunia musik Indonesia sempat diramaikan dengan salah satu lagu pop yang hits kala itu. Lagu berjudul "Tinggal Kenangan" oleh Gaby, menuai banyak cerita mistis, nih, katanya.

    Walaupun saat itu belum ada sumber yang pasti, kebenaran akan teori konspirasi mistis ini banyak dipercaya oleh orang. Hal ini dikuatkan dengan lirik lagunya yang terdengar seperti curahan hati seorang yang putus asa.

    Mulanya, lagu "Tinggal Kenangan" atau disebut dengan "Lagu Gaby" disebut ditulis oleh seorang perempuan bernama Gaby.

    Lagu ini sendiri memiliki arti tentang kegelisahan Gaby karena kematian sang kekasih. Akhirnya, setelah lagu ini tercipta, Gaby memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

    Ilustrasi hantuIlustrasi lagu mistis (UNSPLASH)

     


    Ada lagi sumber yang menyebut, bahwa lagu Gaby ini viral setelah kisah yang tertulis dalam cerpen blogger bernama Agnes Danovar. Di sana tertulis, Gaby memiliki pacar dan sama-sama membuat band.

    Suatu hari, pacar Gaby tidak bisa hadir saat manggung karena keadaan kritis di rumah sakit dan meninggal. Gaby pun menyanyikan lagu "Tinggal Kenangan" di atas panggung untuk mengenang sang kekasih.

    Kisah dalam blogger tersebut dikaitkan oleh warganet dengan lagu "Tinggal Kenangan". Padahal nyatanya, tidak ada hubungan sama sekali antara cerita dengan lagu tersebut.

    Sosok gentayangan yang hadir kala dengarkan "Tinggalkan Kenangan"

    Ilustrasi hantuIlustrasi lagu mistis (UNSPLASH)

    "Pernah ada, rasa cinta, antara kita kini tinggal kenangan," dari penggalan lirik itu sudah memberikan kesan tentang perpisahan. Kemudian disambung dengan reff, "Jauh kau pergi meninggalkan diriku. Di sini aku merindukan dirimu."

    Di situlah, orang semakin kuat bahwa salah satu dari pasangan, diartikan meninggal. Orang-orang kemudian menjadi merasa takut ketika mendengar lagu ini.

    Sama halnya seperti Dito. Dulu, ia mengaku tidak mau mendengar lagu "Tinggal Kenangan", apalagi sempat diusilkan oleh teman-temannya.

    "Gue tuh takut digentayangin sama si Gaby, kan dulu tuh rame katanya kalau denger lagu ini bisa didatengin," ujarnya saat dihubungi tim Prambors, Kamis (10/11/2022).

    Pasalnya, selain lirik yang penuh misteri ini, jika mendengarkan lagu "Tinggal Kenangan" dikatakan bisa memunculkan sosok hantu dari orang yang meninggal, baik Gaby atau kekasihnya.

    "Dulu dikerjain sama temen-temen, lagi tidur trus disetel lagu "Tinggal Kenangan". Jujur parno banget, sekarang sih udah enggak. Tapi, kalau disuruh denger lagu itu lagi, mending, enggak deh," katanya sambil tertawa kecil.

    Mitos mistis yang ditepis

    Lagu "Tinggal Kenangan (Jauh)" dibawakan pertama kali oleh Abe atau Andi Besse yang merupakan personel Caramel Band.

    Dilansir dari Kompas, Abe pun membuat konferensi pers untuk klarifikasi kabar yang ramai oleh lagunya. Konferensi ini didampingi oleh pakar komunikasi dan IT, Roy Suryo.

    "Orang yang menyanyikan lagu 'Tinggal Kenangan' (Jauh) yang di internet adalah saya. Saya yang menyanyikan lagu tersebut setelah mendapatkan izin dari penciptanya, Pa'i," ungkapnya. Pa'i juga mengungkapkan bahwa dirinya sudah memberi izin kepada Abe untuk membawakan lagu ciptaannya.

    Sementara itu, Roy Suryo angkat suara untuk menepis kebenaran di balik lagu ini. Katanya, ia sudah beberapa kali menguji dan menelaah satu per satu contoh rekaman dari berbagai sumber yang mengaku sebagai penyanyi dan pencipta lagu tersebut.

    Mereka pun membantah rumor mistis dibalik lagu populer tersebut hanyalah hoaks, ya Kawula Muda.

    Tapi lo masih merinding enggak dengarnya?

    Editor Team

    COMMENT