Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Oct 23 2022

    Profil Natasha Udu, Vokalis Lomba Sihir yang Baru Rilis Lagu Solo "MAMONEY"

    Harusnya doi gak asing buat lo yang penggemar .FEAST, Hindia, sama Lomba Sihir nih!

    Natasha Udu baru saja rilis single "MAMONEY" (INSTAGRAM/NATASHA UDU)

    Musisi Natasha Udu baru saja merilis single terbarunya. Berjudul "MAMONEY", single tersebut mengisahkan tentang kehidupan yang seolah bergantung kepada uang. 

    “Sejak kecil aku belajar bahwa ternyata yang bikin orang sekitarku senang dan mau memperlakukanku dengan adil itu karena adanya uang, dan sampai beranjak dewasa pun semua yang aku lakukan itu seakan-akan tujuannya untuk uang,” tutur Natasha mengutip Eventori. 

    “Jadi melalui lagu ini aku mau menegur diri sendiri bahwa jangan sampai hidupnya habis untuk memikirkan hal yang nggak harus segitunya dikejar,” lanjutnya.

    Adapun single tersebut sudah dapat didengar sejak 18 Oktober lalu, Kawula Muda! 

    Berbicara tentang Natasha Udu, sebenarnya karyanya di dunia musik sudah bergulir cukup lama. Selain berkarir solo, ia juga menjadi salah satu vokalis dari band Lomba Sihir loh, sebuah grup musik yang juga beranggotakan Baskara Putra alias Hindia.

    Siapa Itu Natasha Udu?

    Natasha UduNatasha Udu, salah satu vokalis band Lomba Sihir (INSTAGRAM/NATASHA UDU)

     

    Bernama lengkap Natasha Rosanie Candarasjmi Harahap, Natasha Udu lahir pada 10 Februari 1995. Pada awalnya, ia merupakan seorang pekerja biasa di Walt Disney. 

    Namun, pada sebuah titik dalam hidupnya, Udu memutuskan bahwa ini adalah saat baginya untuk menginjakkan kaki di dunia impiannya. Dunia musik. 

    “I used to look at those young musicians and got mad, rasanya emosi banget sama hidup gue, sama hidup mereka, why they got the privilege and I had to work so hard. Sampai suatu waktu, saat itu gue bekerja di Walt Disney, orang-orang bilang gue gila kalau gue keluar, cuma yang mengerti dirimu adalah kamu sendiri, dan gue tau gue harus mengambil keputusan yang berat dengan meninggalkan kerjaan gue,” tutur Udu dalam wawancara dengan Pop Hari Ini pada 2021 lalu.

    “But one day I just resigned with not much money on my savings, belum bilang ke bokap nyokap gue, dan gue kerja keras lagi untuk adapt di dunia musik ini, dan sampailah gue pada titik ini, di mana gue bisa kerja (saat ini gue bekerja di Sun Eater) di perusahaan musik, dan menjadi musisi sepenuhnya,” lanjut Udu. 

    Perjalanan meniti karier di dunia musik tentu bukanlah hal yang mudah, terutama untuk Udu yang tidak memiliki pijakan di dunia musik sebelumnya. Namun, ia memberanikan diri untuk mulai pelan-pelan sebagai seorang backing vocal. 

    Dalam wawancara tersebut, bahkan ia menyesalkan keputusannya untuk berhenti les piano dan gitar saat berusia 9 tahun. 

    Akan tetapi, keputusannya telap mantap. Sejak saat itu, ia kerap kali menemani Hindia maupun .FEAST sebagai backing vocal. Ia juga pernah menjadi backing vocal untuk Neonomora, Matter Halo, hingga aktor Herjunot Ali. 

    Udu pun mengaku tidak pernah menyesali keputusannya berhenti bekerja kantoran. Menurutnya, ketika seseorang bekerja untuk mendapat uang semata, maka ia akan menyadari bahwa ia belum ‘hidup’ sepenuhnya. 

    “Kamu pasti akan berusaha untuk mencari terus sesuatu untuk melarikan diri dari hidupmu, apalagi kamu sebenarnya sudah menemukan passionmu begitu, hanya yang jadi masalah kan sekarang tinggal uang dan waktu,” tutur Udu. 

    Seiring berjalannya waktu, ia mendapat kesempatan untuk tampil di atas panggung. Tepatnya, di bawah payung band Lomba Sihir.

    Bersama Baskara Putra atau Hindia (vokal), ia juga bekerja sama dengan Rayhan Noor (gitar dan vokal), Wisnu Ikhsantama (bas dan vokal), Tristan Juliano (keyboard dan vokal), serta Enrico Octaviano (drum).

    Karier Solo

    Natasha UduNatasha Udu (INSTAGRAM/NATASHA UDU)

      

    Bekerja bersama musisi laki-laki yang telah dikenal luas oleh Indonesia rupanya tidak membuat semangat bermusiknya secara pribadi ciut. Ia pun memutuskan untuk memulai karier solonya pada 2020 lalu. 

    Hal itu ditandai dengan rilisnya “Days of You” sebagai lagu single pertamanya. Saat itu, ia bercerita tentang memasuki awal baru yang penuh hambatan, rintangan, dan cobaan. 

    “Sebenarnya enggak pernah punya dorongan untuk menjadi solois karena tahu keterbatasan diri,” kata penyanyi berusia 27 tahun tersebut ketika merilis musik pertamanya. 

    “Namun dari dulu cuma jadi vokal latar sana-sini, jadi kayaknya kalau enggak jadi solois seperti enggak naik kelas, mau enggak mau,” tambahnya.

    Pada “Days of You” Udu diketahui turut meminta bantuan rekan-rekannya yang ‘canggih’ dalam bermusik. Tak tanggung-tanggung, ia berkolaborasi dengan Enrico dan juga Christianto Ario alias Kurosuke.

    Tiga rekannya di Lomba Sihir, Enrico Octaviano, Rayhan Noor, dan Wisnu Ikhsantama juga membantunya. Mereka masing-masing berperan sebagai produser, pengarah vokal, serta master engineer untuk lagu pertamanya tersebut. 

    Kini, ia semakin bertumbuh dalam musik dengan merilis “MAMONEY”. Bercerita tentang ‘hamba uang’, lagu tersebut seolah menggambarkan kehidupan manusia secara garis besar. 

    Sama seperti vibe yang didapat dari lagu-lagu Lomba Sihir, “MAMONEY” juga diiringi dengan beat cepat dan ceria. Namun uniknya, seluruh lagu tersebut berbahasa Inggris, Kawula Muda!

    Ketika tim redaksi mendengar lagu tersebut, terdengar entakkan gitar elektrik yang kuat. Suara Udu yang memiliki ciri khas tersendiri juga beralun lembut dalam lagu yang kaya akan suara tersebut. 

    Bergenre pop, kesedihan realitas yang disuguhkan dalam lirik lagu ini justru dibungkus dengan nuansa senang dan cepat. 

    Singkatnya, lagu ini cocok banget buat temani sore hari lo kala terbentur dengan padatnya kendaraan perkotaan, lalu kembali semangat.

    Editor Team

    COMMENT