Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 23 2021

    “Shape of You” Milik Ed Sheeran Jadi Lagu Pertama di Dunia yang Tembus 3 Miliar Streaming Spotify

    Musisi asal Inggris, Ed Sheeran.(TWITTER/ED SHEERAN)

    Ed Sheeran menutup 2021 dengan pencapaian besar. Melalui media sosial Instagramnya, musisi asal Inggris itu mengumumkan bahwa megahit-nya Shape of You telah mencetak rekor baru.

    Lagu yang menjadi bagian dari album “÷” (Divide) itu telah mencapai 3 miliar jumlah streaming di Spotify. Angka ini menjadikan Shape of You sebagai lagu pertama di dunia yang berhasil menembus 3 miliar streaming di platform musik digital itu.

    “Aku baru tahu bahwa Shape of You telah mencapai 3 miliar streaming di Spotify. Itu benar-benar gila. Aku ingat ketika lagu ini mencapai 1 miliar streaming dan aku merasa itu aneh,” kata Ed Sheeran dalam sebuah video yang diunggah pada Rabu (22/12/2021).

    “(Ini adalah) lagu pertama yang mencapai 3 miliar streaming dan aku benar-benar terkesima dengannya. Terima kasih Spotify atas dukungannya selama bertahun-tahun. Kita telah melewati 10 tahun yang hebat secara bersama-sama dan mudah-mudahan kita memiliki 10 tahun yang hebat lagi,” imbuhnya.

    Penyanyi berusia 30 tahun itu juga berbagi cerita tentang latar belakang Shape of You sebelum rilis. Ia mengungkap bahwa lagu itu awalnya tidak direncanakan masuk di album “÷”.

    “Lagu ini (sebenarnya) tidak dimaksudkan untuk masuk ke album (“÷”), karena album itu belum selesai,” kenang penyanyi berusia 30 tahun itu.

    “Ketika aku menyelesaikan lagu itu, Ben Cook (mantan presiden Atlantic Records UK) dari label rekamanku bilang, ‘Kamu harus memasukkan lagu ini ke dalam album’. Ini harus jadi single’. Lalu aku bilang padanya, ‘Aku ingin Castle on the Hill yang jadi single pertama, itu akan jadi lebih besar’.”

    “Lalu kami sepakat untuk tidak mengeluarkan kedua lagu itu sekaligus saat itu. Dan sekarang, aku harus bilang bahwa: Ben, aku salah (waktu itu) dan kamu sangat benar,” ucapnya.

    Sebelum mencapai 3 miliar streaming di Spotify, Shape of You telah mencetak prestasi gemilang di tangga lagu. Lagu tersebut telah menghabiskan 59 minggu di Billboard Hot 100, dengan 12 minggu di antaranya berada di peringkat pertama.

    Capaian tersebut lebih tinggi dibanding Castle on the Hill yang hanya menghabiskan 33 minggu di Billboard Hot 100 dengan posisi tertinggi di peringkat enam.

    Shape of You, Castle on the Hill, dan satu lagu lain dari “÷” yaitu Perfect, berhasil mengantarkan album studio ketiga Ed Sheeran tersebut menjadi album terlama kedua yang menghuni Billboard 200 dengan total waktu 250 minggu.

    Awal 2021, Ed Sheeran merilis album studio keempatnya, “=” (Equals), yang juga sukses menempati posisi pertama di tangga lagu Spotify Top 10 Album Debuts secara global.

    Editor Team

    COMMENT