Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 19 2022

    Sheila on 7: Dari Band SMA bernama WHY Gank sampai Mau Konser Tunggal!

    Kawula Muda, apakah lo salah satu Sheilagank?

    Dikenal sederhana, Sheila on 7 kerap tampil menggunakan celana training (Sheila on 7)


    Kawula Muda, siapa yang tidak kenal dengan Sheila on 7, band kenamaan Indonesia ini sudah berkiprah lebih dari dua dekade mewarnai musik tanah air.

    Pendengarnya pun sudah menyentuh lintas generasi, dalam satu bulan ke depan, Sheila on 7 akan merayakan 27 tahun kariernya dengan menggelar konser tunggal “Tunggu Aku di…”

    Namun, banyak yang belum tau mengenai perjalanan Sheila on 7 hingga memiliki tempat khusus di hati para pendengarnya. Kali ini, Tim Editorial Prambors akan merangkum perjalanan karier Sheila on 7. Kawula Muda, siap berlayar bersama Duta dkk.?

    Berawal dari Kisah Klasik di SMA dengan Nama “W.H.Y. Gank”

    Sheila on 7Sheila on 7 sukses berkarier lebih dari dua dekade (Sheila on 7)

    Melansir laman resmi Sheila on 7, band ini terbentuk dari Adam dan Sakti yang memiliki band bernama W.H.Y Gank semasa duduk di bangku sekolah menengah. Keduanya mengajak Duta ikut untuk menjadi vokalis. 

    Pemilihan Duta dilansir cerita Adam bahwa dirinya dan Duta kerap mengisi acara 17 Agustusan di kompleks perumahan mereka. Kala itu, Duta menyanyi dan Adam bermain gitar akustik.

    W.H.Y Gank sendiri belum sempat berkiprah di dunia musik, Kawula Muda. Kala itu, dilengkapi Agung sebagai Drum, mereka hanya mengisi kegiatan sebatas latihan di studio, meng-cover version lagu band-band ternama, dan ikut audisi untuk bisa tampil di sebuah acara.

    W.H.Y Gank sempat vakum beberapa waktu hingga mereka berkenalan dengan Eross. Mereka berempat kemudian memutuskan untuk memulai sebuah band baru, dan kembali bertemu dengan Anton, sang pemain drum yang dikenalkan oleh Eross pada saat latihan pertama band ini di studio. 

    Memulai band baru tidak serta merta membuat mereka langsung memutuskan nama menjadi Sheila on 7, loh. Setelah berkenalan dengan Eross, mereka memutuskan untuk menamakan band ini dengan nama “Sheilagank”, dan menjadikan tanggal 6 Mei 1996 sebagai hari lahir mereka. Nama Sheilagank ini diambil karena semua personilnya pada saat itu memiliki satu teman yang sama bernama Sheila.

    Sheilagank” sendiri sempat malang melintang di banyak pentas seni dan festival band SMA se-Jateng DIY selama kurang lebih 2 tahun, hingga akhirnya pada pertengahan tahun 1998, mereka mendapatkan kontrak rekaman pertama mereka di bawah naungan label Sony Music Entertainment Indonesia. 

    Mereka kemudian mengubah nama band menjadi “Sheila On 7”. Nama “Sheilagank” sendiri digunakan sebagai sebutan bagi pendengar setia karya-karya mereka.

    Sheila on 7, Apa Artinya?

    Kawula Muda, banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya apa arti di balik Sheila on 7? Rupanya, pemilihan nama Sheila on 7 sendiri pada awalnya diambil dari nama teman SMA Eross yang juga adalah teman SD Adam dan Duta, Kawula Muda. 

    Ketika pertama Adam dan Eross berkenalan, Adam memanggil Eross dengan panggilan “temannya Sheila ya?”, dan Eross juga menjawab “kamu temannya Sheila juga ya?”. Berangkat dari hal tersebut, pembicaraan mengenai nama Sheila sering mereka lakukan. Karena dianggap sebagai pemersatu keduanya, nama Sheila dipilih sebagai nama band. 

    Sedangkan, “On 7” adalah pada 7 tangga nada, yaitu do-re-mi-fa-sol-la-si. Sehingga, nama Sheila On 7 artinya teman-temannya “Sheila” yang memainkan 7 nada atau memainkan musik.

    Selalu Laris Manis, Berikut Jumlah Album Sheila on 7 dan Penghargaan yang Diterima

    Sheila on 7Sheila on 7 band musik asal Indonesia (Sheila on 7)

    Selama berkarya dalam ranah musik tanah air, Sheila on 7 sudah merilis 9 buah album ditambah satu album kompilasi The Very Best of Sheila on 7 pada tahun 2006.

    Album-album tersebut di antaranya, Sheila on 7, Kisah Klasik untuk Masa Depan, 07 Des, OST. 30 Hari Mencari Cinta, Pejantan Tangguh, 507, Menentukan Arah, Berlayar, dan Musim yang Baik.

    Kawula Muda ada yang Sheilagenk dan mau nonton konser Sheila On 7 secara gratis? Yuk, ikutan kuis dari Prambors dan Antara Suara yang lagi bagi-bagi tiket nonton konser Sheila On 7 "Tunggu Aku di Jakarta" 28 Januari 2023 mendatang. 

    Ikuti kuis 30 Hari Mencari Sheila di Instagram Prambors dari tanggal 14-20 Desember 2022. Buruan ke Instagram Prambors sekarang dan jawab pertanyaannya! Good luck, Kawula Muda!

    Editor Team

    COMMENT