Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Sep 29 2022

    Bensin Mahal, Pelajar SMK di Bondowoso Modifikasi Elpiji 3 KG jadi BBM

    Kawula Muda, ada kabar membanggakan lagi, nih!

    Hasil Inovasi Motor Berbahan Bakar Elpiji (RRI)


    Kabar menggembirakan datang dari Jawa Timur, Kawula Muda. Seorang siswa SMK bernama Rahmat Wahyudi dari SMK PGRI 2 Bondowoso berhasil membuat sebuah inovasi baru.

    Rahmat berhasil memodifikasi sepeda motor hingga bisa menggunakan bahan bakar berupa gas elpiji. Bahkan, ia mengatakan motor dengan bahan bakar gas elpiji tersebut dapat dikendarai sejauh 400 km menggunakan satu tabung gas elpiji melon 3 kg, loh!

    motor elpijiMotor hasil Modifikasi Pelajar SMK Bondowoso (DETIK)

     

    Modifikasi yang dilakukan Rahmat dan kawan-kawannya tersebut merupakan sebuah respons atas apa yang terjadi sekarang, yaitu kenaikan BBM subsidi yang dirasa cukup berat. 

    Rahmat menjelaskan gas elpiji berfungsi sebagai pengganti bensin dan diuji coba pada motor Honda Scoppy Stylish berwarna merah. Tabung gas elpiji kemudian diletakkan di bagian belakang motor menggunakan tambahan rangka.

    Tidak hanya itu, Rahmat juga menambahkan bahwa motor dengan jenis tertentu memiliki tombol untuk pengaturan sumber bahan bakar, sehingga dapat menggunakan gas elpiji atau bensin seperti biasa.

    Modifikasi motor seperti ini juga dapat dikatakan sangat terjangkau, Kawula Muda. Harga komponen-komponen yang perlu dibeli menurut Rahmat bahkan tidak sampai Rp 500 ribu.

    "Untuk pembelian sejumlah perangkat konversi bahan bakar, termasuk untuk mengisi gas elpiji di tabung 3 kg hanya butuh sekitar Rp 300 ribu," kata Rahmat mengutip CNN (27/09/2022).

    Faktanya, ide mengenai modifikasi tersebut merupakan ide yang datang dari Anggota DPRD Bondowoso, Bambang Suwito, Kawula Muda. Ide yang berdasarkan pada eksperimen yang pernah Bambang lakukan dulu berhasil diimplementasikan oleh para pelajar SMK PGRI 2 Bondowoso.

    Keren banget!

    Editor Team

    COMMENT