Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 30 2021

    Fasilitas dan Tampilan Baru Stasiun Manggarai yang Bergaya Jepang

    Keren banget ya, Kawula Muda!

    Tampilan baru Stasiun Manggarai. (TWITTER/ARGO_GEDE)

    Ramai dibicarakan, Manggarai jadi salah satu trending topic di Twitter pada Rabu (29/9/2021) mencapai lebih dari 4.000 tweet. Manggarai yang dimaksud adalah Stasiun Manggarai. 

    Salah satu cuitan yang viral adalah foto-foto tampilan baru Stasiun Manggarai. Dalam foto tersebut, tampak lorong-lorong stasiun yang bersih dengan cahaya lampu stasiun yang terang. 

    Beberapa warganet mengaku takjub melihat tampilan baru Stasiun Manggarai. Tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa Stasiun Manggarai yang baru seperti stasiun di Jepang

    Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi, meninjau bangunan baru Stasiun Manggarai pada 26 September 2021. Ia mengaku sangat senang melihat tampilan baru Stasiun Manggarai. 

    "Senang sekali melihat (bangunan baru) Manggarai, kayak di Jepang, ini modern sekali, bersih, dan semoga ini diikuti dengan layanan yang semakin baik," ucap Budi dalam kunjungannya, mengutip Kompas.com.

    Budi mengatakan bahwa fasilitas yang disediakan di bangunan baru yang membuat mirip dengan stasiun-stasiun kereta di Jepang. 

    Mulai dari fasilitas utama peron 10-11 untuk jalur Depok/Bogor-Manggarai dan sebaliknya berada di lantai 2 sisi barat dan jalur 12-13 Depok/Bogor-Jakarta Kota untuk sisi timur bangunan lantai 2. 

    Budi juga mengatakan bahwa modernisasi bangunan Stasiun Manggarai tidak lepas dari program double-double track untuk kereta layang yang dibangun secara terintegrasi di Jabodetabek. 

    Terdapat 4 jalur baru di Stasiun Manggarai. Selain itu, stasiun tersebut juga terhubung dengan kereta Bandara Soekarno-Hatta di jalur 8, terletak di bawah stasiun. 

    "Ada empat jalur baru dinaikkan ke elevated, ke atas (bangunan Stasiun Manggarai), untuk Bogor ke Kota, jadi teman-teman dari Kota ke Bogor (transit di Manggarai) itu naik ke atas," kata Budi.

    Jalur layang di Stasiun Manggarai telah mulai beroperasi sejak 25 September 2021. VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba menjelaskan bahwa peron 10, 11, 12, dan 13 telah berfungsi sejak 25 September 2021 lalu. 

    Peron itu berada di jalur layang (elevated track) di bangunan baru Stasiun Manggarai untuk KRL relasi Jakarta Kota-Bogor PP. 

    “Untuk layanan naik turun pengguna KRL Lin Central relasi Bogor/Depok-Jakarta Kota akan dilayani pada peron jalur 10 atau 11 di lantai 2 bangunan baru Stasiun Manggarai,” ujar Anne Purba dalam keterangan resmi, 27 September 2021.

    Peron jalur 12 atau 13 di lantai 2 bangunan baru digunakan untuk pelayanan naik turun pengguna KRL Lin Sentral relasi Jakarta Kota-Bogor/Depok. 

    Pengguna yang ingin berpindah kereta atau keluar Stasiun Manggarai dapat menggunakan fasilitas yang ada yaitu eskalator, lift, atau tangga. 

    Terdapat juga akses langsung ke Halte Transjakarta Manggarai. Pintu keluar masuk stasiun di sisi barat yaitu Jalan Dr. Saharjo sekarang sudah bisa digunakan. 

    Bangunan baru Stasiun Manggarai dilengkapi guiding block atau penunjuk jalan untuk disabilitas dan elevator atau lift bagi mereka yang tidak bisa menaiki anak tangga. 

    Dilengkapi dengan penjualan tiket otomatis, baik untuk pembelian baru ataupun pengisian ulang layanan kartu multi trip dari Commuter Line.

    Editor Team

    COMMENT