Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 20 2020

    Google Kucurkan Bantuan Rp 155 Miliar untuk UMKM dan Para Pencari Kerja di Indonesia

    Hai Kawula Muda, salah satu dampak positif pandemi Covid adalah menimbulkan empati untuk membantu yang sedang membutuhkan.

    Ilustrasi berjabatan tangan kerja sama. (FREEPIK)

    Perusahaan teknologi Google mengumumkan komitmen senilai 11 juta dolar AS atau setara Rp 155 miliar untuk mendukung pemilihan ekonomi nasional di Indonesia. Bantuan itu ditujukan untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan para pencari kerja di Tanah Air.

    Dilansir dari Antara News, komitmen 11 juta dolar AS itu meliputi pinjaman modal sebesar 10 juta dolar AS yang akan diinvestasikan Google melalui kemitraan dengan platform pinjaman online, Kiva, dan UMKM di seluruh daerah dari lengan filantropi Google, Google.org.

    “Melalui kemitraan dengan Kiva, Google memberikan modal kepada para penyedia layanan keuangan untuk menyediakan pinjaman kepada UKM yang paling terdampak oleh pandemi Covid-19 di komunitas-komunitas yang kurang terlayani di Indonesia,” jelas Randy Jusuf, Managing Director, Google Indonesia pada acara Google For Indonesia, Rabu (18/11/2020).

    Selain itu, ada juga hibah senilai 1 juta dolar AS kepada Yayasan Plan International Indonesia untuk mengatasi pengangguran anak muda di Indonesia.

    Plan International akan bekerja sama dengan The ASEAN Foundation untuk meluncurkan “Bridges to the Future: ASEAN Youth Employment”, yakni sebuah program percobaan yang memberikan pelatihan keterampilan dan bantuan mencari pekerjaan yang akan membantu meningkatkan kemampuan kerja di antara anak muda yang rentan.

    Program ini akan berlangsung selama dua tahun dan bertujuan untuk menjangkau 5.200 anak muda yang hampir separuhnya adalah perempuan.

    Dengan program ini, Google ingin membantu Indonesia mewujudkan potensi ekonomi melalui program pelatihan dan kemitraan yang berkelanjutan bersama pemerintah, industri, dan organisasi masyarakat sipil.

    “Khususnya, tenaga kerja yang memiliki keterampilan digital diprediksi akan menyumbangkan lebih dari 303 miliar dolar AS atau Rp 4,4 triliun untuk PDB Indonesia hingga 2030 dan akan berperan penting untuk pemulihan ekonomi dan ketahanan bisnis,” kata Randy.

    Ia juga menambahkan, sejak 2015 program Grow with Google telah melatih lebih dari 1,7 juta pemilik UMKM, termasuk 200.000 selama Covid-19. Melalui hibah ini, Google.org ingin melakukan lebih banyak untuk mendukung anak muda yang saat ini menjadi pihak yang rentan.

    Editor Team

    COMMENT