Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 10 2021

    Indonesia, Salah Satu dari 7 Negara yang Tolak Usulan Vietnam Tunda SEA Games 2021

    Kawula Muda, SEA Games rencananya akan diadakan pada bulan November 2021 mendatang.

    SEA Games 2021 akan diadakan di Hanoi. (SEA GAMES)

    SEA Games 2021 rencananya akan diadakan mulai dari 21 November 2021 di Hanoi hingga 2 Desember 2021 di 11 lokasi lainnya. Namun, Vietnam sebagai tuan rumah SEA Games 2021 mengusul penundaan SEA Games 2021 hingga pertengahan Mei atau Juni 2022.

    Indonesia pun menyampaikan keberatannya melalui Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia, Raja Sapta Oktohari, dalam Rapat Kerja SEA Games Federation (SEAGF) yang berlangsung secara virtual hari Rabu, (09/06/2021).

    "Jika ditunda ke 2022, pengajuan anggaran tahun depan belum ada. Selain itu, penundaan mengakibatkan SEA Games berikutnya di Kamboja, pada tahun 2023, hanya berselang satu tahun," ungkap Oktohari.

    Dalam rapat kerja yang dipimpin oleh Chief Operating Officer SEAGF, Datuk Seri Chaiyapak Siriwat, perwakilan komite olimpiade nasional (NOC) Vietnam menyampaikan bahwa alasan penundaan SEA Games ke-31 itu disebabkan oleh peningkatan jumlah kasus COVID-19 di Vietnam.


    Rapat SEAGFRapat Kerja SEA Games Federation, Rabu (09/06/2021). (ANTARA)

    Hasil rapat tersebut menunjukkan bahwa tujuh dari 11 negara peserta SEAGF, yaitu Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand tidak menyetujui usulan tersebut, karena penundaan itu akan mengakibatkan kalender multievent olahraga semakin padat, dan dikhawatirkan akan membuat atlet tidak bisa tampil dengan maksimal.

    Indonesia pun berencana untuk mengikuti tiga multievent olahraga pada tahun 2022 mendatang, yaitu Asian Indoor Martial Arts Games (AIMAG) Bangkok, Islamic Solidarity Games (ISG) Konya, dan juga Asian Games Hangzhou. 

    Meskipun hanya Myanmar yang menyetujui usulan tersebut, Laos dan Timor Leste akan mengikuti bagaimana keputusan akhir yang ditetapkan SEAGF.

    NOC Vietnam pun ingin berdiskusi kembali dengan pemerintah dan akan mengadakan rapat lanjutan pada 24 Juni 2021.

    Editor Team

    COMMENT