Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Sep 23 2022

    Influencer Asal Rusia Terancam Dipenjara karena Pakai Instagram

    Soalnya Meta udah di-banned dari negara tersebut, Kawula Muda!

    Veronika Loginova Instagramer Rusia (Instagram/Logiinovva)


    Seorang influencer berusia 18 tahun asal Rusia, Veronika Loginova, terancam 6 tahun penjara akibat tetap aktif menggunakan Instagram. Bernama Veronika Loginova, ia merupakan individu pertama yang mendapat peringatan tersebut dari kejaksaan. 

    Lewat unggahan terbaru, ia memotret sebuah dokumen yang dikirim oleh kejaksaan. Ia disebut telah melakukan tindakan untuk menarik pengguna di jejaring sosial Facebook dan Instagram. 



    Mengutip Vice yang telah menerjemahkan dokumen Rusia tersebut ke bahasa Inggris, Loginova juga disebut “Dapat dianggap sebagai bentuk partisipasi dalam kegiatan organisasi ekstremis”. 

    Padahal, perlu diketahui konten yang diunggah berfokus pada mode serta pose dalam pakaian yang berbeda. Adapun Loginova telah memiliki 550.000 pengikut di akun sosial media tersebut. Di samping itu, ia juga memiliki angka pengikut yang tak kalah besar di YouTube. 

    “Apakah kalian serius? Aku? Seorang gadis berusia 18 tahun dan seorang fashion blogger? Pengusaha, pencipta mereka pakaian yang membayar pajak ke negaranya? Seorang yang mengunggah tentang dukungan kesehatan mental dan tidak pernah menyentuh adenda politik di blognya?” tutur Loginova masih tidak mempercayai mendapat dokumen pengadilan tersebut. 

    Sebelumnya, Instagram, Facebook, hingga WhatsApp milik grup Meta telah diblokir oleh Rusia semenjak mereka melakukan invasi kepada Ukraina. Di sisi lain, mereka tetap dapat mengakses YouTube tetapi tidak akan dapat menghasilkan uang lewat monetisasi. 

    Akan tetapi, Loginova bukanlah satu-satunya warga Rusia yang masih mengakses Instagram. Geotag di Moskow menemukan bahwa masih banyak orang Rusia yang menggunakan VPN untuk terus membuka media sosial tersebut.

    Editor Team

    COMMENT