Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 05 2022

    Luhut Naikkan Harga Tiket Candi Borobudur jadi Rp 750 Ribu

    Kawula Muda, lo udah pernah ke Candi Borobudur belum?

    Candi Borobudur (WIKIPEDIA)

    Ada kabar terbaru dari pariwisata Candi Borobobur, nih Kawula Muda. Pasalnya, harga tiket naik ke atas tempat tersebut menjadi Rp 750 ribu untuk turis lokal dan 100 dolar AS untuk turis mancanegara.

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengumumkan langsung kenaikan harga tiket ini.

    "Dengan biaya 100 dolar AS untuk wisman dan turis domestik sebesar 750 ribu rupiah. Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5 ribu rupiah saja," tulisnya dalam akun Instagram Luhut, Sabtu, 4 Juni 2022.

    LuhutMenteri Koordinator dan Investasi - Luhut Binsar Pandjaitan

     

    Keputusan tersebut dibuat untuk menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya Nusantara. Dia juga melanjutkan, bahwa semua turis nantinya wajib membawa tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur.

    "Ini kami lakukan demi menyerap lapangan kerja baru sekaligus menumbuhkan sense of belonging terhadap kawasan ini sehingga rasa tanggung jawab untuk merawat dan melestarikan salah satu situs sejarah nusantara ini bisa terus tumbuh dalam sanubari generasi muda di masa mendatang," terangnya.

    Selain itu, Luhut akan membatasi kuota turis yang ingin naik ke Candi Borobudur yaitu sebanyak 1.200 orang per hari.

    Luhut juga memastikan penerapan prinsip ekonomi biru, hijau, dan sirkuler sudah mulai diterapkan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo demi mempertegas komitmen Indonesia dalam penggunaan energi ramah lingkungan.

    "Mulai hari ini akan dilaksanakan uji coba penggunaan bus listrik sebagai shuttle bus kendaraan pariwisata. Rute perjalanan shuttle bus ini meliputi Borobudur-Malioboro-Prambanan," kata Luhut.

    Editor Team

    COMMENT