Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 19 2021

    NASA Peringatkan Asteroid Raksasa Terbang Dekat Bumi Desember Mendatang

    Tapi tenang aja! Bumi enggak bakal kenapa-kenapa kok, Kawula Muda!

    Ilustrasi asteroid menuju bumi (CANVA)

    Badan antariksa asal Amerika Serikat, NASA, memberi peringatan adanya asteroid raksasa yang akan terbang di dekat bumi pada Desember mendatang.

    Asteroid yang diberi nama 4660 Nereus itu kini berjarak sekitar 304,8 meter dari bumi. Dikutip dari CNNIndonesia, Daily Record mencatat asteroid tersebut lebih besar dari 90 persen asteroid pada umumnya. Sementara itu, NASA menyebut asteroid tersebut berukuran hampir tiga kali lipat dari lapangan sepak bola atau sekitar ukuran menara Eiffel. 

    Kawanan asteroidIlsutrasi kawanan asteroid (CANVA)

     

    Potensi kedatangan tersebut diberi sebutan ‘Potentially Hazardous Asteroid’ (PHA) dan diperkirakan melewati bumi 11 Desember mendatang. NASA mengklasifikasikan asteroid tersebut sebagai 4660 Nereus yang dianggap ‘sangat bahaya’. 

    Walaupun begitu, jalur asteroid tidak akan berada cukup dekat untuk menimbulkan kerusakan di bumi. Hal itu dikarenakan perkiraan NASA menunjukkan asteroid tersebut berada di sekitar 3,9 juta kilometer dari bumi. 

    Sementara itu, NASA juga melaporkan adanya beberapa asteroid dengan potensi ‘berbahaya’ sempat muncul beberapa kali. Dikutip dari CNNIndonesia, pada September lalu, ada pula laporan akan adanya asteroid besar dengan lebar sekitar 1.120 kaki akan melewati bumi pada 2029. 

    Asteroid tersebut diberi nama 2021RL3 dan menjadi salah satu asteroid ‘terdekat’ dengan bumi. Walaupun begitu, sama seperti 4660 Nereus, asteroid tersebut diperkirakan juga tidak akan menimbulkan kerusakan bagi bumi. 

    Editor Team

    COMMENT