Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Aug 25 2021

    Robot ‘Curiosity’ Milik NASA Selfie di Mars!

    Ternyata robot juga enggak mau kalah eksis, ya, Kawula Muda!

    Penampilan robot 'Curiosity' (MARS.NASA.GOV)

    Robot penjelajah milik NASA, Curiosity, telah berhasil melakukan selfie secara mandiri ketika di Mars. Tepatnya, Curiosity berhasil melakukan apa yang disebut “plandid” atau candid yang terencana dan dibagikan pada Minggu (22/08/2021).

    Lewat akun Twitter pribadinya, Curiosity berhasil melakukan plandid secara mandiri dengan menggunakan lengan yang disebut “Mars Hand Lens Imager” atau MAHLI. Foto tersebut tentu tidak sepenuhnya demikian karena harus ada proses editing terlebih dahulu mengingat foto aslinya terbalik.

    Melihat foto plandid dari Curiosity, masyarakat juga diberikan sedikit gambaran mengenai keadaan di Mars hingga permukaan yang dilewati oleh robot tersebut. Bahkan, pencahayaan satu-satunya dari foto tersebut adalah matahari karena Curiosity telah mematikan seluruh sumber pencahayaannya.

    Semenjak diluncurkan pada November 2011 dan mendarat di Aeolis Palus di Mars pada Agustus 2012, Curiosity sendiri telah menjelajahi permukaan Mars sejauh 16,3 mil (sekitar 26,2 km).

    Robot penjelajah ini juga sudah melakukan pendakian dengan total 1,509 kaki (sekitar 460 meter) menyusuri permukaan Mars dan mengambil 32 sampel. Nantinya, Curiosity akan terus menjelajahi untuk mencari bukti sampel di permukaan Mars yang bisa ditinggali oleh mikroba.

    Kawula Muda, kira-kira mau enggak sih pindah ke Mars?

    Editor Team

    COMMENT