Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Nov 17 2022

    Piala Dunia Terakhir Lionel Messi dan Harapan Argentina Angkat Trofi

    Come on Messi!

    Lionel Messi. (Dok. AP)


    Lionel Messi merupakan salah satu mega bintang dalam dunia sepak bola. Pemain Paris Saint Germain (PSG) yang kini tengah membentuk trio penyerangan mematikan bersama Kylian Mbappé dan Neymar Junior ini dikabarkan akan menjadikan Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar nanti sebagai Piala Dunia terakhir baginya.

    “Ini Piala Dunia terakhir saya, pastinya. Saya merasa baik-baik saja secara fisik, saya bisa mengikuti pra musim yang sangat baik tahun ini, yang tak bisa saya lakukan tahun lalu. Penting sekali bisa sampai ke tempat saya saat ini, dengan performa bagus, bersama pikiran jernih dan banyak harapan,” ujar mantan penyerang Barcelona tersebut kepada ESPN Argentina seperti dikutip dari AFP.

    Melalui pernyataan yang disampaikan Messi tentang keputusannya terhadap Piala Dunia Qatar mendatang, dapat dipastikan bahwa Piala Dunia 2022 ini akan menjadi panggung terakhirnya bersama timnas Argentina.

    Messi yang selama berada di timnas Argentina belum berhasil mengangkat trofi Piala Dunia, di Qatar nanti adalah kesempatan terakhirnya mencetak sejarah dalam pagelaran akbar sepak bola dunia ini. 

    ArgentinaIlustrasi Lionel Messi mengangkat trofi juara Copa America 2021 (instagram/afaseleccion)

    Messi sendiri sudah memulai kiprahnya bersama timnas Argentina sejak 17 tahun lalu tepatnya pada 17 Agustus 2005, ketika dirinya masuk sebagai pemain pengganti ketika Argentina bermain dalam pertandingan persahabatan melawan Hungaria. 

    Messi masuk pada menit ke 64 menggantikan Lisandro Lopez. Pemain yang kini berusia 35 tahun itu melesakkan gol debutnya untuk Argentina pada 1 Maret 2006 ketika Argentina melakukan pertandingan menghadapi Kroasia. 

    Pada kancah Piala Dunia, Messi pertama kali mencatatkan namanya di papan skor pada Piala Dunia 2006 ketika dirinya berhasil melesakkan penutup kemenangan 6-0 Argentina atas Serbia dan Montenegro. Sebelumnya, di pertandingan yang sama, Messi juga sudah memberikan assist untuk gol yang dicetak oleh Hernan Crespo 4 menit setelah dirinya masuk. 

    Pencetak Gol Terbanyak Timnas Argentina

    Pemain kelahiran 1987 ini sudah berhasil mencatatkan 90 gol untuk timnas Argentina sepanjang kariernya dan menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Argentina. Dari 90 gol yang telah ia sarangkan untuk Argentina, tercatat bahwa Bolivia menjadi negara yang paling banyak dibobol oleh Messi dengan 8 gol.

    Meski 17 tahun sukses menjadikan Barcelona sebagai salah satu klub terbaik di dunia dengan memenangi berbagai trofi kompetisi mulai dari Piala Liga, Copa Del Rey, Liga Champions, sampai Piala Dunia antar Klub, keberhasilan Messi di tim nasional masih belum sementereng di klub. 

    Sebelumnya, ia sempat pensiun dari tim nasional Argentina pada 2016 lalu. Kemudian kembali dan memimpin Argentina pada Piala Dunia 2018, menjadi runner-up pada Copa América 2019, dan menjuarai Copa América 2021. 

    Piala Dunia 2022 mendatang ini akan menjadi kesempatan terakhir bagi peraih Ballon d’Or 7 kali ini. Ini juga menjadi kesempatan terakhir bagi Messi untuk bisa menyamai pendahulunya, Diego Armando Maradona, legenda sepak bola Argentina.

    Editor Team

    COMMENT