Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 29 2020

    Polar Music Prize, Penghargaan Musik Dunia Tertinggi

    Hai Kawula Muda, ini dia penghargaan musik dunia tertinggi, Polar Music Prize.

    Polar Music Prize. (INSTAGRAM/POLAR MUSIC PRIZE)

    Kalau kita pernah mendengar hadiah Nobel untuk perdamaian, sastra, atau sains, ternyata musik juga memilki penghargaan tertinggi, yang bernama Polar Music Prize.

    Sama-sama berasal dari Swedia, Polar Music Prize yang diberikan setiap tahun disebut-sebut sebagai Nobel-nya dunia musik. Nobel Prize digagas oleh Alfred Nobel pada 1895, sementara Polar Muic Prize dicetuskan pertama kali oleh Stig “Stikkan” Anderson pada 1989.

    Stig Anderson adalah legenda sejati dalam sejarah musik populer Swedia. Ia adalah penerbit, penulis lirik, manajer ABBA, dan memainkan peran kunci dalam kesuksesan besar band legendaris tersebut. 

    Nama penghargaan berasal dari label rekaman legendaris Anderson, Polar Music. Penghargaan Musik Polar merayakan kekuatan dan pentingnya musik yang diberikan kepada individu, kelompok, atau lembaga untuk pengakuan internasional atas keunggulan dalam dunia musik.

    Polar Music Prize pertama


    Stig Anderon yang mendirikan Stig Anderson Music Award Foundation sejak awal mencanangkan bahwa akan ada dua penerima award tiap tahunnya. Satu penerima dari dunia musik kontemporer, satu lagi dari kalangan musisi klasik.

    Penerima Polar Music Prize dikenal sebagai laurates. Penentuan laurates tidak dibatasi wilayah negara, selama sosok penerima memiliki pencapaian signifikan dan memberikan kontribusi penting dalam dunia musik.

    Nomine diajukan oleh perwakilan dari organisasi industri musik dari seluruh dunia.

    Penerima Polar Music Prize pertama pada 1992 adalah Paul McCartey dan negara Baltik. Paul Mc Cartney dianggap berbengaruh pada dunia musik pop melalui karyanya dan telah berkontribusi dalam musik pop selama lebih dari 30 tahun.

    Sementara itu, negara Baltik yang terdiri dari Lithuania, Latvia, dan Estonia, dinilai telah memberikan dukungan positif terhadap musik nasional negara mereka untuk tampil di dunia internasional.

    Berapa nilai hadiahnya?


    STINGPenyanyi Sting menerima penghargaan Poar Music Prize pada 2017. (INSTAGRAM/POLAR MUSIC PRIZE)

     

    Nominasi yang diajukan setiap tahun oleh organisasi industri musik dari seluruh dunia akan diseleksi oleh sebuah komite internal yang terdiri dari para musisi dan juga keluarga dari Stig Anderson.

    Pemenang Polar Music Prize akan mendapatkan 1 juta krona atau setara dengan Rp 1,6 miliar. Semua penghargaan diberikan langsung oleh Raja Swedia, Carl XVI Gustaf.

    Menurut catatan, hingga saat ini sudah ada 68 penerima Polar Music Prize, di antaranya Sting pada 2017 dan Metallica pada 2018.

    Editor Team

    COMMENT