Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 06 2020

    Reza Artamevia Kembali Tertangkap Memakai Sabu, Ini Cara Rehabilitasi Narkoba

    Ini kali kedua Reza Artamevia disergap polisi karena penyalahgunaan narkoba sejak tahun 2016 lalu. Memang seperti apa sih cara rehabilitasi narkoba? Ini 4 langkah cara mengatasi kecanduan narkoba ya Kawula Muda.

    Reza Artamevia (INSTAGRAM/REZAARTAMEVIAOFFICIAL)

    Reza Artamevia harus kembali terjerat kasus narkoba. Dirinya sudah diamankan polisi dan dinyatakan positif menggunakan sabu berdasarkan hasil tes urine pada hari Minggu (6/9/2020).

    Reza diamankan kepolisian beserta barang bukti berupa sabu seberat 0,78 gram di sebuah restoran di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur pada hari Jumat (4/9/2020). Empat tahun yang lalu dirinya juga terjerat kasus serupa. Polisi mengamankan Reza di sebuah hotel di Kota Mataram pada tahun 2016 lalu.

    Sebenarnya bagaimana cara rehabilitasi narkoba hingga sembuh total? Ini dia 4 langkah cara mengatasi kecanduan narkoba.

    Pemeriksaan

    Pemeriksaan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kecanduan yang dialami dan adakah efek samping yang muncul. Pemeriksaan dilakukan tidak hanya oleh dokter tetapi juga terapis. Jika si pecandu mengalami depresi atau bahkan gangguan perilaku, maka terapis akan menyembuhkan efek tersebut baru melakukan rehabilitasi.


    Dokter PerempuanIlustrasi Dokter (Racool_studio/FREEPIK)

     

    Detoksifikasi

    Ini adalah tahapan yang paling berat. Pengguna harus 100% berhenti menggunakan semua jenis obat-obatan terlarang. Reaksinya cukup menyiksa, mulai dari rasa mual hingga badan terasa sakit. Pecandu juga umum merasa tertekan karena tidak ada obat penenang yang dikonsumsi seperti biasa.

    Dokter akan meringankan efek yang tidak mengenakkan tersebut dengan memberikan obat yang tepat. Pecandu harus memperbanyak minum air agar tidak terkena dehidrasi serta mengkonsumsi makanan bergizi untuk memulihkan kondisi tubuh.

    Panjang pendeknya proses ini sangat bergantung pada tingkat kecanduan, niat serta kesungguhan hati si pemakai untuk sembuh.

    Stabilisasi

    Dokter akan melanjutkan proses ke stabilisasi bila proses detoksifikasi berhasil dilewati. Tahapan ini bertujuan untuk membantu pemulihan jangka panjang dengan memberikan resep dokter dan pengarahan agar kesehatan mental tetap terjaga. Dan juga tidak kalah penting, agar tidak kembali terjerumus memakai narkoba kembali.

    Apa yang dilakuan setelah rehabilitasi?

    Rehabilitasi biasanya memerlukan setengah sampai satu tahun, di mana pecandu ditempatkan di suatu fasilitas khusus. Selanjutnya mantan pecandu bisa tinggal di kawasan atau rumah khusus dan tetap diawasi, sambil bisa mengatur kembali kehidupan normalnya seperti mencari pekerjaan.

    Perempuan Berpelukanllustrasi Saling Mendukung (tirachardz/FREEPIK)

    Dukungan penuh dari keluarga dan orang-orang sekitar seperti pasangan, teman atau sahabat sangat berperan penting dalam seluruh proses tersebut, bahkan setelah rehabilitasi Kawula Muda. Kebiasaan buruk masyarakat seperti mengucilkan harus dihindari, karena bisa saja mantan pencandu malah menjauh dan kembali ke pergaulan buruk semula atau yang baru.

    Di manapun kalian berada Kawula Muda, selalu hindari pergaulan yang tidak baik untuk kalian terutama yang menjurus ke penyalahgunaan narkoba. Dukung dan tunjukan kepedulian dengan cara terbaik bila kalian menemui orang di sekitar yang mengalami masalah serupa ya.

    Editor Team

    COMMENT