Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jun 08 2021

    Seniman Italia Jual Patung Tak Kasat Mata Seharga Rp 250 Juta

    Kira-kira siapa ya yang bakal beli patung ini, Kawula Muda?

    Salvatore Garau (dailyadvent.com)

    Seniman asal Italia, Salvatore Garau sempat menghebohkan publik karena menjual patung tidak berwujud seharga 18,000 dolar AS atau setara dengan Rp 250 juta. Patung ini dijual berikut dengan sertifikat keaslian pada Mei 2021 di rumah lelang Italia Art-Rite.

    Seniman berusia 67 tahun itu melelang patung immaterial yang artinya patung kosong atau patung yang tidak ada. Ia mengaku tidak setuju kalau apa yang ia jual ini barang yang tidak ada atau dengan alasan konseptual atau materil. Menurut dia, tidak ada apa-apa di sini bukan berarti tidak berharga atau  tidak memiliki nilai seni. 

    Bagi Salvatore Garau, karya seni yang diberi judul “Lo Sono” atau “Aku” dalam bahasa italia ini adalah menemukan bentuk dalam ketiadaannya materil. Dalam artian bahwa ada, tetapi tidak dalam bentuk materi dan sebenarnya lebih seperti “ruang hampa”.

    Dalam video yang diunggah Garau melalui akun instagramnya, patung tak kasat mata itu dibatasi dengan pita persegi. “Anda tidak melihatnya tetapi itu ada, itu terbuat dari udara dan roh,” ujar Garau dalam video dokumentasi karya milan. 

    Saat membuat patung dan menampilkannya, Garau turut memberikan instruksi di antaranya patung tersebut harus dipamerkan di rumah pribadi dengan ruang kira-kira berukuran 5x5 yang tidak terhalang apa pun.

    Lo Sono juga bukan merupakan satu-satunya karya seni yang sejenis dari Garau. Sebelumnya pada Februari 2021, seniman ini pernah memamerkan karyanya yaitu, Buddha In Contemplation

    Editor Team

    COMMENT