Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Nov 22 2021

    SpaceX dan NASA Akan ‘Tabrakkan’ Roket ke Asteroid!

    Harapannya sih supaya arah asteroidnya bisa berubah, Kawula Muda.

    Roket milik SpaceX, Falcon 9. (SPACEFLIGHTNOW.COM)

    SpaceX dan NASA dikabarkan akan menerbangkan satelit dan mengarahkannya langsung ke sebuah asteroid dengan harapan bisa mengubah arah asteroid tersebut. Tujuan dari percobaan ini adalah agar kejadian asteroid menabrak Bumi yang menyebabkan dinosaurus hilang tidak terjadi lagi.

    Melansir cuitan dari Twitter, kerja sama peluncuran roket Falcon 9 milik SpaceX dijadwalkan pada Selasa (23/11/2021) pukul 10 malam waktu setempat. Peluncuran ini merupakan bagian dari proyek Double Asteroid Redirection Test (DART).

    Adapun asteroid yang menjadi sasaran dari proyek ini diberi nama ‘Didymos’ atau yang berarti ‘kembar’ dalam bahasa Yunani. Didymos A diperkirakan selebar 780 meter, serta Didymos B, yang mengorbit pada Didymos A, berukuran kurang lebih 160 meter.

    Kedua asteroid kembar ini diperkirakan akan mengarah dan melewati Bumi pada 2022 mendatang dan berputar kembali pada 2024. Meskipun tidak akan menghantam Bumi baik pada 2022 maupun 2024, SpaceX dan NASA menganggap bahwa kejadian ini merupakan sampel yang baik untuk melakukan percobaan.

    Sebelumnya, NASA telah memperkirakan bahwa akan ada 23 jenis objek yang berpotensi untuk menghantam Bumi dalam satu abad ke depan. Dengan demikian, dibutuhkan persiapan untuk mencegah serta menghadapi hantaman dari benda-benda langit tersebut.

    Editor Team

    COMMENT