Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    >
    Jun 07 2022

    Stasiun Gambir akan Pensiun Layani Kereta Jarak Jauh

    Jadi bakal tetap ada stasiunnya, Kawula Muda!

    KRL Commuter Line (WIKIPEDIA)


    Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Adita Irawati, mengatakan Stasiun Gambir direncanakan tidak akan melayani kereta jarak jauh lagi.

    Dengan adanya proyek Double Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang, direncanakan stasiun yang akan melayani kereta jarak jauh hingga kereta bandara adalah Stasiun Manggarai. Sementara itu, Stasiun Gambir hanya akan melayani KRL (kereta rel listrik) saja. 

    KRLKereta Rel Listrik (KRL). (INSTAGRAM/MASINIS KRL)

     

    Namun, ia juga mengatakan bahwa pemerintah tengah menggodok rencana tersebut. “Saat ini masih dalam proses khususnya dengan melakukan switch over,” tutur Adita dikutip dari Kontan (07/06/2022). 

    Karena itu, Stasiun Gambir masih melayani kereta jarak jauh serta beroperasi seperti biasa. Hal itu dikarenakan perpindahan tersebut masih menunggu peremajaan fasilitas dan revitalisasi Stasiun Manggarai. 

    “Tentu soal infrastruktur penunjang (di Stasiun Manggarai) juga akan disiapkan seperti akses dan parkir,” jelasnya. 

    Konsep ini sebenarnya bukan hal baru. Kasubag Humas DJKA Kementerian Perhubungan, Supandi pada 2019 sudah pernah menegaskan bahwa Stasiun Manggarai akan menjadi pusat kereta jarak jauh. “Iya, konsepnya seperti itu. Akhir 2021 (KA Jarak Jauh) dipindahkan ke Manggarai. Stasiun Manggarai itu kan salah satu proyek double track Manggarai-Cikarang, itu akan dibangun untuk meningkatkan kapasitas,” tutur Suspandi. 

    Pemindahan tersebut dikarenakan pengembangan Stasiun Gambir yang sulit dilakukan. “Apalagi Stasiun Gambir kan masuk ring 1,” tambahnya. 

    Dengan demikian, seusai proyek tersebut rampung, Stasiun Manggarai akan menjadi salah satu stasiun tersibuk di DKI Jakarta. 

    Editor Team

    COMMENT