Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Dec 07 2020

    Unik! Kota Batman Ada di Dunia Nyata

    Kawula Muda, ternyata salah satu kota di dunia ini ada yang namanya Batman, lho.

    Kota Batman, Turki. (POLARSTEPS)

    Kota bernama Batman benar ada di dunia nyata, tepatnya terletak di Turki. Dikenal unik karena terbagi menjadi dua wilayah, di benua Asia dan Eropa, Turki semakin unik karena memiliki kota bernama Batman.

    Kota Batman terletak pada salah satu dari 81 provinsi yang ada di Turki. Nama kota ini dianggap unik karena serupa dengan salah satu tokoh DC Comics yang dikenal sebagai superhero berkostum kelelawar, Batman.

    Lokasi kota Batman terletak di Provinsi Batman, tepatnya di sisi tenggara Analotolia. Provinsi ini juga dilintasi oleh sungai yang bernama Sungai Batman. 

    Kota Batman yang terletak sekitar 8 kilometer dari barat Kota Siirt dengan dataran tinggi yang luas, dan terkenal dengan wilayah penghasil minyak negara. 

    Sebuah kilang minyak milik pemerintah Turki melintas hingga 515 kilometer dari ladang minyak dekat Batman ke Pelabuhan Iskenderum di pantai Laut Mediterania. 

    Tidak hanya itu, Kota Batman juga memiliki industri produksi minuman, makanan olahan, bahan kimia, perabotan dan perlengkapan, alas kaki, mesin, hingga peralatan transportasi.

    Kota ini sudah dilengkapi dengan jaringan jalan, kereta api, dan bandara. 

    Kota Batman, Turkey.Peta Kota Batman, Turki. (GOOGLEMAPS)

     

    Sejarah Kota Batman

    Awal mulanya, pada abad ke-11 sampai ke-12, wilayah ini berada di bawah kekuasaan Kaisar Seljuk Raya dan Artuqid. Desa di wilayah ini dihuni oleh 3.000 orang Suriah, Yunani Pontic, Yahudi Baghdadi, dan Armenia. 

    Lokasi ini dulunya bernama Iluh dan masuk dalam Provinsi Siirt. Namun, pada 1926, seluruh distrik ini hilang karena banjir Sungai Batman. 

    Mengalami pemulihan pada 1957, desa ini menjadi pusat distrik dan berganti nama menjadi Batman karena wilayah ini dilintasi oleh Sungai Batman. 

    Tak lama setelah itu, Provinsi Siirt berubah menjadi Provinsi Batman dan pada 1990 Kota Batman ditetapkan menjadi ibukota Provinsi Batman.

    Wali Kota Batman Huseyin Kalkan pernah menuntut Warner Bros karena menggunakan nama kota Batman tanpa persetujuan terlebih dahulu. 

    Namun, tuntutan Wali Kota tersebut tidak dikabulkan karena nama superhero Batman sudah digunakan DC Comics sejak 1939. Artinya, nama superhero Batman sudah digunakan terlebih dahulu sebelum menjadi nama kota.

    Editor Team

    COMMENT