Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Feb 08 2022

    Viral Video Kereta Melintas di Tengah Jalan Kota Solo, Ini Penjelasan KAI

    Unik banget ya, Kawula Muda!

    Jalur kereta yang membelah Jalan Raya Jalan Slamet Riyadi, Solo (TIKTOK/KAI121_)

    Video lintasan kereta api di Solo yang berdampingan di jalan raya rupanya viral di media sosial. Menanggapi hal tersebut, akun TikTok resmi PT Kereta Api Indonesia, @kai121_ menjelaskan perihal sejarah jalur kereta tersebut. 

    Jalur kereta yang membelah Jalan Slamet Riyadi, Solo tersebut merupakan peninggalan warisan kolonial Belanda. Jalur tersebut rupanya telah dibangun sejak 1922 silam. 


    @kai121_ Di Kota Surakarta, ada jalur kereta unik yang membelah jalanan pusat kota. Kereta yang melintas juga ga kalah unik, lho! #kai121 #fyp ♬ STAY - The Kid LAROI & Justin Bieber


    “Jangan heran kalau liat kereta yang melintas berdampingan dengan mobil dan sepeda motor di jalan raya Slamet Riyadi,” tutur narator dalam video yang diunggah pada Rabu (26/01/2022) tersebut. 

    Kemudian, pada tahun 2009 hingga 2010, jalur kereta tersebut dilakukan peremajaan dengan mengubah jenis menjadi R42. Selain itu, bantalan rel juga diubah dari kayu menjadi beton. 

    “Kereta yang lewat jalur ini adalah kereta wisata uap Jaladara dengan sistem carter dan Railbus Batara Kresna yang rutin melintas,” lanjut narator dalam video tersebut.

    Dengan menghubungkan Surakarta dan Wonogiri, kereta yang melintas rupanya dibatasi kecepatannya, yakni maksimal 20 kilometer per jam. Selain itu, kereta juga diharuskan membunyikan semboyan 35 agar tetap aman bagi warga yang melintas.

    Beberapa netizen pun membagikan pengalaman mereka ketika melintas di jalur kereta tersebut. 

    “Pernah mau belok bannya selip pas ujan, trs jatuh gasakit tapi malu banyak orang,” tulis akun @mahli. 

    Ada pula netizen yang memuji kemajuan transportasi di kota tersebut. 

    Buat sekelas non ibu kota, Solo termasuk best ga sih sistem transportasi umum nya? BRT ada, KRL ada, trem bus juga ada, kereta bandara juga ada, tulis akun @hajunnyalokal. 

    Editor Team

    COMMENT