Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Sep 06 2022

    Bahaya Pakai WiFi Publik Gratisan, Bisa Bobol Rekening Bank!

    Hai Kawula Muda! kenali bahaya ini ya biar aktivitas internet kamu tetap aman saat pakai WiFi publik

    Ilustrasi WiFi (Freepik)


    WiFi merupakan sebuah adalah teknologi jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan akses internet tanpa kabel dengan kecepatan yang tinggi. Beberapa fasilitas publik menyediakan WiFi secara gratis dengan harapan memberikan kepuasan, baik kepada pelanggan maupun masyarakat.

    Meskipun gratis, menggunakan WiFi publik memiliki risiko yang cukup tinggi, apabila tidak diproteksi lebih lanjut. Oleh karenanya banyak ahli menyarankan tidak boleh membuka PayPal, rekening bank, dan masuk akun email saat menggunakan WiFi publik.

    Selain itu WiFi publik juga punya bahaya lain, seperti terbukanya aktivitas kita di internet.

    WiFi menggunakan gelombang radio yang disiarkan, hal tersebut menyebabkan siapa pun yang dalam jangkauan bisa melihat seluruh aktivitas kita di internet dengan menggunakan perangkat tertentu. Ini bisa terjadi lantaran WiFi publik jarang terenkripsi.

    Ilustrasi WiFiIlustrasi WiFi (Freepik)

    Buat Kawula Muda yang mau tetap aman dengan WiFi publik. Kalian bisa menggunakan OpenSSL, sejenis enkripsi yang ditawarkan oleh banyak situs web seperti Google, Facebook, dan sebagian besar bank.

    Teknologi ini bisa mengenkripsi lalu lintas antara perangkat kita dan situs lain yang artinya tidak ada yang bisa mengintip aktivitas Anda.

    Tidak hanya itu, WiFi publik juga punya bahaya lain, yakni penyebaran malware antar perangkat berkat WiFi publik.

    Risiko yang satu ini mungkin lebih mudah untuk dikurangi. Sebab beberapa perangkat kini memiliki perlindungan berupa antivirus atau anti malware.

    Editor Team

    COMMENT