Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    Jul 21 2021

    Kalahkan Inggris, Jepang Cetak Rekor Kecepatan Internet Hingga 319 Tbps

    Kawula Muda, gokil juga nih kecepatan internet di Jepang

    Ilustrasi kabel serat optik. (PIXABAY)

    Kawula Muda, tahu enggak, sih, kalau kecepatan internet paling besar di dunia ini berada di angka 178 terabit per detik (Tbps)? Rekor itu dicetak oleh beberapa peneliti dari University College London (UCL).

    Melansir CNN Indonesia, angka itu kemudian disusul oleh seorang ilmuwan Jepang di National Institute of Information and Communications Technology (NICT) dengan kecepatan maksimal internet berada di 319 Tbps.

    Tes kecepatan itu dilakukan di laboratorium dengan menggunakan teknologi eksperimental kabel serat optik atau juga dikenal dengan fiber opctic cable. Kabel serat optik itu disebut memiliki empat inti (core) di dalam sebuah kabel berukuran standar.

    Ini menandakan bahwa kabel serat optik yang menghasilkan internet berkecepatan tinggi itu memiliki inti empat kali lipat dari kabel serat optik biasa yang memiliki banyak bahan penutup (silinder kabel/kelongsong) untuk melindungi pergerakan data.

    Melansir Engadget, hasil eksperimen itu menunjukkan bahwa kecepatan internet 319 Tbps dapat mentransfer data sejauh 1.864 mil atau setara dengan 2.999 km, tanpa mengalami degradasi sinyal maupun kecepatan, lho! Kecepatan ini juga semata-mata diperoleh berkat tembakan 552 saluran laser di berbagai panjang gelombang.

    Meskipun mencetak angka hampir dua kali rekor sebelumnya, rupanya, mengimplementasikan hasil percobaan ini ke dunia nyata tak semudah itu, Kawula Muda. Perlu waktu dan pendanaan yang lebih banyak lagi untuk mewujudkannya.

    Namun, peneliti di NICT ini telah memastikan bahwa temuannya mampu diterapkan di jaringan kabel optik internet yang sudah ada guna mempercepat kecepatan internet. Tak hanya itu, teknologi ini juga digadang-gadang bisa menciptakan sesuatu yang lebih besar di atas 5G.

    Editor Team

    COMMENT