Program Unggulan

Prambors menyediakan beragam program untuk menemani hari-hari anda

    May 13 2022

    Moonton Kena Gugat Plagiasi, Mobile Legends Bang Bang Bakal Dihapus?

    Lagi-lagi Moonton kena gugat oleh Riot

    Foto: IGN Sea


    Game populer Mobile Legends Bang Bang (MLLB) kembali menjadi sorotan, pasalnya Moon selaku developer digugat oleh Riot yang merasa bahwa Moonton telah melanggar hak cipta.

    Dugaan penjiplakan yang dilakukan Moonton didasari oleh game MLBB yang dianggap terlalu mirip dengan konten dan materi promosi permainan milik Riot, yakni Wild Rift dari League of Legends.

    League of Legends milik Riot dan Mobile Legends dari Moonton memang memiliki banyak kemiripan, kedua game tersebut juga sama-sama masuk dalam kategori game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA).

    Gugatan yang diajukan oleh pihak Riot pada Senin (9/5/2022) di pengadilan AS, California, Riot beranggapan bahwa Moonton dengan sengaja melakukan plagiasi agar bisa menyamai popularitas League of Legends: Wild Rift.

    Ilustrasi League of Legends: Wild RiftIlustrasi League of Legends: Wild Rift (Doc: Riot Games)

     

    Riot mengungkapkan bahwa Moonton telah melakukan kecurangan plagiasi secara terus menerus, bahkan terus melakukannya pada saat Riot Game membuat pembaruan di game mereka.

    "Selama bertahun-tahun, saat Riot memperbarui game-nya (Wild Rift), Moonton akan menyalinnya. Ketika Riot memperbarui materi promosi game, Moonton menyalinnya. Dan ketika Riot merilis trailer baru, Moonton menyalinnya," tulis Riot Games dalam gugatannya.

    Ini bukan kali pertama Riot menggugat Moonton, pada tahun 2017 melayangkan gugatan pada Moonton lantaran Mobile Legends dianggap melanggar hak cipta judul League of Legends versi PC.

    Editor Team

    COMMENT