10 Catatan Sejarah Taylor Swift di Billboard Hot 100 Berkat "Folklore"

Kawula Muda, Taylor Swift benar-benar berhasil mencuri perhatian dunia musik dengan album terbarunya, “Folklore”.

Penyanyi Amerika Serikat, Taylor Swift. (INSTAGRAM/TAYLOR SWIFT)
Fri, 14 Aug 2020

Pekan lalu bisa dibilang sebagai salah satu periode terbaik dalam hidup penyanyi Amerika Serikat, Taylor Swift (30).

Taylor kembali menempatkan lagunya di puncak tangga chart musik bergengsi. Dia juga memecahkan beberapa rekor dan menjadi salah satu penyanyi dengan catatan impresif sepanjang sejarah musik.

Berikut ini adalah 10 catatan sejarah penyanyi maupun penulis lagu tersebut dalam top 10 Billboard Hot 100.

Perempuan kelima dengan lebih dari satu lagu debut sebagai nomor 1

Ketika debut di Hot 100, Cardigan langsung berhasil menjadi nomor 1. Ini merupakan kali kedua Taylor Swift berhasil melakukannya, setelah Shake It Off pada 2014.

Taylor menjadi penyanyi solo perempuan kelima yang memiliki lebih dari satu lagu debut sebagai nomor 1, selain Ariana Grande, Mariah Carey, Lady Gaga, dan Britney Spears.



Salah satu dari tak sampai 10 musisi pemilik lebih dari satu lagu sebagai no 1 saat debut di Hot 100

Untuk ketegori semua penyanyi (laki-laki dan perempuan), Taylor merupakan salah satu dari hanya delapan musisi yang memiliki lebih dari satu lagu debut sebagai nomor satu.

Selain 5 perempuan di atas, di kelompok ini ada Drake, Travis Scott, dan Justin Bieber.

Cardigan merupakan lagu keenam yang debut sebagai nomor 1 pada 2020

Cardigan menjadi lagu keenam yang debut nomor 1 di Hot 100 pada 2020, yang menjadi rekor dalam satu tahun. Sebelumnya, 1995 dan 2018 memimpin dengan sama-sama mencatat 4 lagu yang bisa langsung menjadi nomor 1 saat masuk chart.

Di urutan ketiga penyanyi perempuan pemilik rekor di top 10

Selain Cardigan, dua lagu di album "Floklore" berhasil menembus to 10 Hot 100 saat debut, yaitu The 1 dan Exile. Dengan tambahan ini, Taylor kini memiliki total 28 lagu yang masuk top 10 ketika debut di Hot 100.

Dia menyamai catatan Mariah Carey dan berada di peringkat ketiga, di bawah Madonna (38 lagu) dan Rihanna (31).



Di urutan kelima pemilik lagu di top 10 untuk kategori penyanyi solo

Untuk kategori semua penyanyi solo, Taylor Swift berada di urutan kelima, bersama Mariah Carey dan Stevie Wonder. Di atas mereka ada Drake (40 lagu), Madonna (38), Rihanna (31), dan Michael Jackson (30).

Di peringkat keenam untuk semua kategori

Untuk kategori semua penyanyi (solo maupun grup), Taylor berada di urutan keenam pemilik terbanyak lagu debut top 10 di Hot 100. The Beatles yang memiliki total 34 lagu berada di urutan ketiga, di bawah Drake dan Madonna.

Perempuan pertama dengan dua lagu debut masuk top 5

Cardigan langsung menjadi nomor 1 saat debut di Hot 100. Pada saat bersaaman, The 1 juga debut di nomor 4. Catatan ini menjadikan Taylor sebagai penyanyi perempuan pertama yang behasil menempatkan dua lagunya debut di top 5 Hot 100.


Penyanyi ketiga dengan debut dua lagu di top 5

Selain Taylor, hanya ada dua musisi yang berhasil mengantar dua lagu mereka debut di top 5 Hot 100. Mereka adalah Lil Wayne pada 2018 dan Juice WRLD pada 2020.

Perempuan pertama dengan 3 lagu debut di top 10

Kolaborasi Taylor dan Bon Iver dalam Exile juga menghadirkan gebrakan dengan langsung debut di top 10. Catatan ini menempatkan Taylor sebagai penyanyi perempuan pertama yang memiliki tiga lagu debut di top 10.

Penyanyi keenam dengan 3 lagu debut di top 10

Sebelum Taylor mencatat rekor di atas, sudah ada 5 musisi pria yang memiliki tiga lagu debut di top 10. Mereka adalah Drake, Lil Eayne, Juice WRLD, J. Cole, dan Lil Uzi Vert.


Berita Lainnya