10 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Adaptasi dari Novel

Kawula Muda, ada yang sudah menonton dan membaca bukunya?

10 Rekomendasi Film Adaptasi Novel Indonesia Terbaik (PALARI FILM)
Tue, 09 May 2023

Perlu diakui, film adaptasi novel di Indonesia menjadi salah satu pilihan utama para penggemar film. Pasalnya, peningkatan perfilman Indonesia yang semakin membaik membuat adaptasi novel best seller ke layar lebar menjadi salah satu pertimbangan kuat untuk menonton film.

Tidak hanya itu, beberapa film adaptasi novel Indonesia sukses menyabet banyak penghargaan, baik di dalam maupun luar negeri.

Oleh karena itu, jangan sampai lo melewatkan rekomendasi film Indonesia yang diangkat dari novel di bawah ini. Ada film favorit lo enggak, Kawula Muda?

1. “Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas”


Film yang bisa lo tonton di Netflix ini merupakan adaptasi dari novel dengan judul sama karya Eka Kurniawan yang terbit tahun 2014. Bercerita tentang Ajo Kawir, seorang laki-laki yang mengalami masalah impoten karena kejadian traumatis di masa lalu yang jatuh cinta dengan Iteung, seorang petarung wanita.

Memutuskan untuk menikah, keduanya harus menghadapi masalah bahwa Ajo Kawir mandul dan masalah lainnya yang menguji hubungan keduanya.

2. “Geez & Ann”

Film "Geez & Ann" jadi salah satu rekomendasi film adaptasi novel Indonesia terbaik (NETFLIX)

Diangkat dari novel best seller karya Nadhifa Allya Tsana atau yang lebih dikenal dengan Rintik Sendu, film yang dibintangi oleh Hanggini dan Junior Roberts ini menceritakan kisah cinta yang manis antara dua remaja yang hangat. Film ini cocok untuk lo pecinta film dengan genre romansa.

3. “Perahu Kertas”

Film "Perahu Kertas" jadi salah satu rekomendasi film adaptasi novel Indonesia terbaik (CHANNELSATU)

Film Perahu Kertas dapat dikatakan menjadi salah satu film romantis Indonesia sepanjang masa. Keunikan novel Perahu Kertas yang ditulis oleh Dee Lestari membuat Hanung Bramantyo mengangkat cerita ini ke layar lebar.

Meski terbagi menjadi dua bagian, film Perahu Kertas dapat menceritakan lika-liku kisah cinta Kugy dan Keenan yang harus merelakan mimpi mereka dengan hidup berdasarkan realitas yang ada dengan sangat baik dan padat, Kawula Muda.

4. “Tenggelamnya Kapal Van der Wijck”

Salah satu rekomendasi film adaptasi novel Indonesia, "Tenggelamnya Kapal Van der Wijck" (SORAYA INTERCINE FILM)

Novel legendaris Indonesia, Tenggelamnya Kapal Van der Wijck yang ditulis oleh Buya Hamka diadaptasi dengan apik ke layar lebar pada 2013 lalu dengan judul yang sama. Kisah yang menceritakan percintaan Zainuddin dan Hayati yang terhalang adat dan budaya ini akan menguras air mata lo, Kawula Muda.

5. “Dilan 1990”


Kisah cinta masa SMA selalu menjadi favorit penggemar film Indonesia. Pada awalnya, para pembaca setia Dilan 1990 meragukan pemilihan Iqbaal Ramadhan sebagai Dilan. Namun, sang penulis buku sekaligus penggarap film ini, Pidi Baiq, membuktikan bahwa pemilihan Iqbaal Ramadhan sangat tepat.

Sukses dan menjadi fenomenal, film ini menceritakan kesederhanaan kisah cinta remaja SMA antara Dilan dan Milea (Vanesha Prescilla) di Bandung pada tahun 1990an. Uniknya, kisah ini akan menunjukkan cara Dilan, si ketua geng motor yang tidak biasa ketika mengejar cinta dari Milea.

6. “Imperfect”


Film Imperfect menjadi salah satu film adaptasi novel best seller yang sukses. Pasalnya, film yang dibintangi oleh Jessica Mila dan Reza Rahadian ini mengangkat topik tentang kepercayaan diri yang jarang dibahas di Indonesia. 

7. “Bumi Manusia”

Salah satu rekomendasi film adaptasi novel Indonesia, "Bumi Manusia" (NOVA)

Bumi Manusia adalah salah satu rekomendasi film adaptasi novel Indonesia terbaik yang diangkat dari novel fenomenal karya Pramoedya Ananta Toer. Film ini menceritakan rasa gundah Minke (Iqbaal Ramadhan) yang menjalin hubungan dengan Annelies (Mawar de Jongh). Kisah cinta masa kolonial Indonesia ini akan mengajak lo melihat perjuangan Minke, pria pribumi yang jatuh cinta dengan putri bergaris darah Belanda.

8. “Antologi Rasa”

Film "Antologi Rasa" merupakan salah satu film adaptasi novel Indonesia terbaik (SORAYA INTERCINE FILM)

Novel Antologi Rasa yang ditulis oleh Ika Natasha sukses menjadi best seller dan akhirnya diangkat ke layar lebar. Secara garis besar, film ini menceritakan kisah percintaan di antara empat sekawan yang bekerja di bank. Film ini akan memperlihatkan pilihan-pilihan yang harus diambil antara cinta atau persahabatan yang sudah lama terjalin.

9. “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini”


Satu tahun setelah terbit dan menjadi best seller, novel Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini karya Marchella FP diangkat ke layar lebar dan sukses meraih box office untuk satu juta penonton dalam satu minggu.

Film keluarga yang menceritakan balada anak sulung, anak tengah, dan anak bungsu ini sukses mengangkat kesedihan yang dimiliki setiap anggota keluarga, Kawula Muda. Sarat akan makna, film ini harus masuk ke dalam daftar tontonan lo yang mau nonton bersama keluarga, Kawula Muda!

10. “Aruna dan Lidahnya”

Film "Aruna dan Lidahnya" jadi salah satu film adaptasi novel Indonesia terbaik (IMDB)

Film yang menjadi reuni Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Laksmi Pamuntjak. Film yang mengangkat tema masakan Indonesia dan persahabatan dua pria dan wanita ini sukses menyabet banyak penghargaan di dalam dan luar negeri, loh.

Kawula Muda, itulah rekomendasi film Indonesia yang diadaptasi dari novel best seller. Hampir semua film di atas sudah bisa lo tonton di layanan streaming film resmi. Buruan nonton ya, Kawula Muda!

Berita Lainnya