8 Idol K-Pop yang Ternyata Memiliki Riwayat Penyakit, Ada yang Mematikan

Manusia enggak ada yang sempurna ya, Kawula Muda.

V BTS dan Wonwoo Seventeen (Kolase Prambors)
Thu, 15 Jun 2023

Setiap idol menginginkan yang terbaik untuk dirinya dan untuk menghibur para penggemar, baik di atas panggung, maupun di luar kegiatannya sebagai idol K-pop.

Namun, keterbatasan tubuh manusia yang tetap membutuhkan istirahat, kadang kali membuat para idol jatuh sakit karena terlalu banyak beraktivitas. 

Belum lama ini, Jennie BLACKPINK mengalami penurunan pada kondisi kesehatannya. Ia mengalami penurunan kesehatan dan tak kuat melanjutkan konser dengan tiba-tiba meninggalkan panggung saat BLACKPINK tampil di malam kedua Melbourne, Australia pada Minggu (11/6/2023).

Ternyata, hal tersebut memang pernah terjadi beberapa kali pada idol K-pop atau musisi ternama dunia lainnya, Kawula Muda. Bahkan, ada yang memiliki penyakit sejak lama, jauh sebelum mereka menjadi idola kelas dunia.

Berikut adalah daftar musisi yang memiliki penyakit namun tak membatasi mereka untuk berkarya.

1. V BTS 

V Taehyung BTS (INSTAGRAM/taehyung__.official)

Sebagai member BTS dengan nama V atau dikenal dengan Taehyung, ternyata dirinya memiliki alergi kolinergik. Kata "kolinergik" sendiri mengacu pada bagian dari sistem saraf yang mengontrol kontraksi otot, pelebaran pembuluh darah, dan memperlambat detak jantung. Alergi kolinergik dapat menimbulkan ruam serta gatal ketika tubuh mengalami peningkatan suhu.

2. Zico

ZICO (INSTAGRAM/woozico0914)

 

Penyanyi sekaligus rapper ini diketahui memiliki penyakit asma sejak lahir yang mengganggu pernapasannya. Selain itu, Zico juga sempat mengalami masalah pada jantungnya hingga menjalani operasi.

3. Yeji ITZI

Yeji Itzy (INSTAGRAM/yeji.itzy)

 

Salah satu grup k-pop ITZI, Yeji. Dirinya mengaku memiliki masalah kondisi kesehatannya yaitu, atopi, kondisi genetik yang membuatnya dapat mengalami alergi parah. Yeji juga sempat mengalami flu yang berubah menjadi pneumonia, infeksi osteomielitis (penyakit yang terjadi akibat infeksi bakteri atau fungsi pada tulang), hingga sepsis (Zat kimia yang diproduksi sistem kekebalan tubuh ke aliran darah justru memicu peradangan. Padahal, zat kimia itu seharusnya berfungsi melawan infeksi). 

Kondisi tersebut sangat parah dan bisa merenggut nyawa. Beruntungnya, Yeji mendapatkan pertolongan segera dan obat-obatan yang tepat.

4. Hyeri Girl’s Day

Hyeri (INSTAGRAM/hyeri.official)

 

Penyanyi dari salah satu personel Girl’s Day ini, sempat dilarikan ke rumah sakit pada 5 Maret 2016. Karena, mengalami demam tinggi.

Dikutip dari IDN Times, dokter yang menangani Hyeri mendiagnosis sang Idol mengidap penyakit meningitis dan harus segera melakukan pengobatan. Hyeri juga sempat vakum dari dunia hiburan selama hampir dua tahun dan kembali lagi dengan debutnya di drama Two Cops pada tahun 2017.

5. Wonwoo Seventeen

WonWoo Seventeen (INSTAGRAM/everyone_woo)

Member Seventeen ini dikabarkan menderita gastritis akut atau peradangan pada lapisan lambung pada 2016 lalu. Sehingga dirinya juga pernah absen untuk jeda istirahatnya saat promosi album.

6. Krystal dan Jessica Jung

Krystal dan Jessica Jung (INSTAGRAM/jessica_sjy)

 

Sebagai kakak-adik yang pernah debut di bawah naungan SM Entertainment ini, diketahui memiliki penyakit anemia sejak dari kecil. Anemia adalah kondisi kekurangan sel darah merah sehat di dalam tubuh, yang membuat mereka sering kelelahan, lemah dan pusing. Akibat dari penyakitnya, Krystal pernah jatuh di atas panggung.

7. Jaemin NCT Dream

Jaemin NCT DREAM (INSTAGRAM/na.jaemin0813)

Jaemin NCT mengidap penyakit Herniated Disk atau Hernia Nukles Pulposus (NHP) adalah penyakit yang disebabkan oleh melemahnya jaringan di bantalan tulang belakang. Seiring bertambahnya usia, kelenturan bantalan tulang belakang akan berkurang sehingga rentan terhadap cedera.

NHP membuat dirinya sempat hiatus selama 1 tahun lebih dari dunia musik, dan kembali lagi pada tahun 2018.

Dikutip dari jurnal Kesehatan Mayo Foundation for Medical Education and Research (MFMER) Herniated Disk (NHP) merupakan penyakit yang bermasalah pada salah satu bantalan karena di antara tulang-tulang penyusun rangkaian tulang belakang, disk tulang belakang memiliki bentuk yang seperti jeli donat dengan bagian tengah yang lembut dan lebih keras di bagian luar.

Herniated Disk ini terjadi ketika bagian tengah terdorong keluar menembus jeli bagian luar yang mengakibatkan iritasi pada saraf yang berada di dekat lokasi disk hernia, rasa sakit, bahkan mati rasa pada bagian lengan atau tungkai.

8. Hyuna

Hyuna (INSTAGRAM/hyunah_aa)

 

Penyanyi Hyuna menjelaskan bahwa dirinya pernah menderita kondisi bernama Sinkop Vasovagal pada 2019 lalu. Kondisi ini membuat seseorang pingsan akibat tubuh bereaksi berlebihan terhadap sesuatu. Hal ini disebabkan adanya penurunan suplai darah ke otak.

Kondisi ini, membuat dirinya mudah pingsan jika stres atau memiliki tekanan emosional yang berlebih. Sebelumnya, Hyuna mengaku dirinya sering pusing dan mengeluhkan pandangannya yang berkabut.

Kawula Muda, itulah Idol K-pop yang memiliki riwayat penyakit dibalik kesuksesan di panggung hiburan.

Berita Lainnya