Profil Rafael Struick, Curi Perhatian saat Debut Bersama Timnas Indonesia

Rafael Struick yang menawan debut bersama Timnas Indonesia, Simak Profilenya!

Rafael Struick (INSTAGRAM/rafaelstruick)
Thu, 15 Jun 2023

Rafael Struick, salah satu pemain timnas Indonesia yang mencuri perhatian dalam debutnya di pertandingan Indonesia vs Palestina. Rafael cukup banyak disorot oleh media lantaran kemampuannya terlihat cukup menjanjikan.

Sebelumnya, Rafael Struick belum memiliki pengalaman dalam membela Timnas Indonesia di ajang resmi. Shin Tae Yong memilih Rafael Struck menjadi Starter di babak utama dengan formasi 4-4-2 dan bersejajar dengan Dimas Drajad.

Penampilan Rafael Struick pada pertandingan melawan Palestina tersebut cukup membuat Shin Tae Yong terkesan. Pertandingan dalam FIFA Matchday ini juga menjadi pertama kalinya Rafael debut bersama skuad Garuda. 

Usai pertandingan tersebut, Shin Tae Yong memberikan pujian-pujian kepada Rafael selaku pemain naturalisasi kelahiran Belanda ini, begitu juga dengan Ivar Jenner.

“Untuk Rafael dan Ivar, memang baru pertama kali bermain bersama Timnas Indonesia. Dan sangat baik (permainannya) untuk kedua pemain ini, dan mereka masih muda. Jauh-jauh datang ke Indonesia. Mereka menunjukkan apa yang harus pada dilakukan pertandingan kali ini,” ucap Shin Tae Yong saat konferensi pers dilansir dari BolaTimes Rabu (14/06/2023).

Meski penampilan Struick hanya bertahan 45 menit sebelum digantikan dengan Dendy Sulistyawa. Aksinya dalam rumput hijau dinilai cukup baik.

Profil Rafael Struick Pemain Timnas Indonesia 

1. Nama Lengkap : Rafael William Struick

2. Nama Lapangan : Rafael Struick

3. Tempat, Tanggal Lahir : Leidschendam, Belanda, 27 Maret 2003

4. Nama ayah: Brian Struick (Warga negara Belanda keturunan Indonesia)

5. Nama ibu: Soraya Noraly Sedito (Warga negara Belanda keturunan Suriname-Jawa, Indonesia)

Jejak Karier Rafael Struick:

- Akademi Forum Sport

- RKAVV Leidschendam 

- Akademi ADO Den Haag.

- Timnas U-20

Rafael Struick (INSTAGRAM/rafaelstruick)

 

Pria berdarah Belanda-Indonesia ini, sudah tercatat menjadi pemain senior di tim Liga 2 Belanda, bersama ADO Den Haag mulai U-18, U-21 hingga tim Senior. Rafael Struick juga sempat mengambil posisi sayap kiri, sayap kanan, dan penyerang utama, dengan mencetak 1 gol dan 2 assist dari sepuluh laga yang dimainkannya.

Setelahnya, Rafael Struick juga pernah tampil membela Timnas Indonesia U-20 ketika belum di naturalisasi, dalam laga uji tanding tidak resmi. Struick pun mencetak gol ketika skuad Garuda Muda kalah melawan Slovakia dengan poin 1-2

Rafael Struick ini, awalnya diproyeksikan oleh Shin Tae Yong untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20. Namun, batal tampil di Piala Dunia U-20, Struick tetap berjalan dengan menjadi pemain starter dalam laga melawan Palestina di Fifa Matchday 2023.

Berita Lainnya