Apa dan Siapa Saja yang Bakal Ada di MTV VMA 2021 dan Bagaimana Cara Menontonnya?

Kawula Muda, siapa yang paling kalian tunggu penampilannya di MTV VMA tahun ini?

MTV Video Music Awards (VMA) 2021. (TWITTER/MTV VMA)
Sat, 11 Sep 2021

MTV Video Music Awards (VMA) 2021 akan segera digelar. Ajang penghargaan musik tahunan ini akan digelar di Barclays Center, Brooklyn New York, Amerika Serikat pada 12 September 2021 malam waktu setempat.

Sejumlah artis akan tampil sebagai pengisi acara baik sebagai performer, host, maupun presenter. Siapa saja mereka?

Dari lini performer, ada belasan nama artis yang telah dikonfirmasi akan tampil baik secara solo maupun kolaborasi.

Setelah penampilan duet Señorita pada 2019, Camila Cabello dan Shawn mendes akan kembali tampil di panggung VMA tahun ini. Tidak lagi duet, masing-masing dari mereka akan tampil secara solo. Camila akan membawakan lagu terbarunya, Don’t Go Yet, sedangkan Shawn Mendes juga akan menampilkan single barunya bersama Tainy, Summer of Love.

Selain Shawn dan Tainy, beberapa artis lain yang akan menampilkan kolaborasi adalah Justin Bieber dan The Kid Laroi dengan lagu mereka Stay, Machine Gun Kelly dan Travis Barker membawakan Papercuts, Lil Nas X dan Jack Harlow untuk lagu Industry Baby, serta Alicia Keys dan Swae Lee dengan lagu Lala.

Bintang baru, Olivia Rodrigo, akan memulai debutnya di VMA dengan membawakan hitnya Good 4 U, dari album “Sour”.

Penyanyi Amerika Serikat, Olivia Rodrigo. (INSTAGRAM/OLIVIA RODRIGO)

 

Doja Cat yang didapuk sebagai host VMA tahun ini, akan tampil di panggung membawakan lagu album barunya, “Planet Her” yaitu Been Like This dan You Right.

Akan ada pula penampilan solo dari Ed Sheeran yang akan membawakan lagu terbarunya Shivers, Chloe dari Chloe x Halle yang menandai debutnya solonya dengan lagu Have Mercy, Kacey Musgraves dengan lagu baru Star-Crossed, dan Ozuna dengan lagu La Funka.

Normani yang sebelumnya kecewa karena tidak diundang tampil, akhirnya memiliki kesempatan untuk menampilkan Wild Side, lagu hasil kolaborasinya dengan Cardi B.

Berbanding terbalik dengan Normani, Lorde yang sebelumnya dijadwalkan tampil justru membatalkan agendanya. Musisi asal Selandia Baru itu menjelaskan bahwa ia ingin menampilkan tarian bersama banyak orang. Namun, karena protokol kesehatan yang mengharuskan pemakaian masker dan jaga jarak, ia akhirnya memutuskan tidak jadi tampil, daripada menampilkan sesuatu yang “kurang luar biasa” untuk para penggemarnya.

Tidak hanya artis-artis solo, beberapa grup juga akan ikut meramaikan acara ini, salah satunya Twenty One Pilot dengan lagunya Saturday.

Grup musik duo asal Amerika Serikat, Twenty One Pilots (INSTAGRAM/ TWENTY ONE PILOTS FANPAGE)

 

Foo Fighters juga dijadwalkan tampil, namun belum diketahui lagu apa yang akan dibawakan. Selain tampil, band rock yang digawangi Dave Grohl itu juga akan menerima penghargaan Global Icon pertama dari VMA.

Selain di acara puncak, akan ada pula pertunjukan untuk acara pre-show yang menampilkan Swedish House Mafia, Polo G, dan Kim Petras.

Dari lini presenter, musisi-musisi besar seperti Bilie Eilish, Travis Barker, Rita Ora, Billy Porter, Avril Lavigne, akan turun langsung untuk mempersembahkan trofi penghargaan bagi para pemenang.

Selain nama-nama di atas, beberapa tokoh yang juga akan menjadi presenter penghargaan adalah Megan Fox, Hailey Bieber, atlet Simone Biles, Conor McGregor, 50 Cent, Halle Bailey (dari Chloe x Halle), AJ McLean, Ashanti, Lance Bass, Fat Joe, Ja Rule, Nick Lachey, dan Cyndi Lauper.

Justin Bieber memimpin perolehan nominasi VMA tahun ini dengan total sembilan nominasi. Di Urutan terbanyak kedua ada Megan Thee Stallion dan BTS yang masing-masing mendapat tujuh nominasi.

Penampilan BTS untuk foto konsep "Butter". (TWITTER/BIG HIT MUSIC)

 

Puncak acara MTV VMA tahun ini akan disiarkan langsung di jaringan MTV pada Minggu, 12 September 2021 mulai pukul 20.00 ET atau Senin pukul 07.00 WIB. Acara ini akan ditayangkan di CMT, Comedy Central, Logo, MTV 2, Nickelodeon, Paramount Network, Popm TV Land, VH1, dan CW.

Bagi yang tidak memiliki akses ke layanan TV kabel, kalian bisa menonton acara ini secara streaming di Paramount+. Jika kalian tidak memiliki akun Paramount+, platform streaming ini menyediakan free trial selama tujuh hari untuk pengguna baru, di mana kalian bisa mengakses VMA secara gratis selama masa trial tersebut.

Platform streaming lain yang bisa kalian gunakan di antaranya Hulu Live, YouTube TV, Sling TV, dan FuboTV. Sebelumnya, pastikan bahwa paket layanan streaming yang kalian pilih telah menyertakan MTV di dalamnya.

Berikut daftar artis yang akan tampil di MTV VMA 2021:

Host:

Doja Cat

Performer: 

1. Alicia Keys with Swae Lee

2. Camila Cabello

3. Chlöe

4. Doja Cat

5. Ed Sheeran

6. Foo Fighters

7. Justin Bieber

8. Kacey Musgraves

9. Lil Nas X

10. Machine Gun Kelly

11. Normani

12. Olivia Rodrigo

13. Shawn Mendes

14. Twenty One Pilots

Pre-Show:

1. Kim Petras

2. Polo G

3. Swedish House Mafia

Presenter: 

1. AJ McLean 

2. Ashanti 

3. Avril Lavigne

4. Billie Eilish

5. Billy Porter

6. Conor McGregor 

7. Curtis “50 Cent” Jackson

8. Cyndi Lauper 

9. Fat Joe  

10. Hailey Bieber 

11. Halle Bailey 

12. Ja Rule 

13. Lance Bass  

14. Megan Fox

15. Nick Lachey 

16. Rita Ora 

17. Simone Biles

18. Travis Barker

Berita Lainnya