Bekasi dan Bogor Masuk ke Video SMCU Episode aespa!

Kawula Muda, sudah nonton episode ketiga ini, belum?

aespa menjadi grup pertama dalam proyek SMCU (AESPA)
Fri, 24 Feb 2023


Warganet dibuat heboh dengan kemunculan hal-hal berbau Indonesia dalam video terbaru aespa yang bertajuk "ep.3 Girls (Don’t you know I’m a Savage?)". Diketahui, video tersebut merupakan bagian dari SM Culture Universe (SMCU).

Dalam episode ketiga kali ini, nama tiga kota di Indonesia di Jawa Barat muncul di layar. Ketiga kota tersebut adalah Bogor, Bekasi, dan Karawang. Tayangan berdurasi 17 menit ini menjadi trending topic di Twitter.


Tidak hanya itu, dalam tayangan yang menunjukkan pertarungan melalui data tersebut, terselip beberapa frasa dalam Bahasa Indonesia, seperti ‘Kalau begini…?!’, ‘Hah?’, ‘Beneran?’, ‘Mana bisa!’, ‘Ini diluar kemampuan kita’, ‘Tenang… pikiran ini’, dan masih banyak lagi.

Sontak, beberapa footage yang menunjukkan hal berbau Indonesia tersebut membuat para penggemar senang sekaligus terkejut. Dalam bagian credit di akhir, terlihat konsultan Bahasa Indonesia yang terlibat dalam proyek SCMU tersebut adalah Andini Sarasw atau yang lebih dikenal di Twitter sebagai Babah melalui akun @ustadchen. 

Sinopsis aespa ep.3 Girls (Don’t you know I’m a Savage?)

Beberapa nama kota di Indonesia, seperti Bekasi, Bogor, dan Karawang terlihat dalam video aespa "ep.3 Girls (Don’t you know I’m a Savage?)" (YOUTUBE/aespa)

Dikutip dari Korea Joongang Daily, episode tiga merupakan lanjutan dari episode sebelumnya yang menceritakan kedatangan aespa ke KWANGYA untuk menyelesaikan kasus SYNK OUT di mana hubungan dengan (ae) mereka terputus. Konfrontasi terakhir dengan Black Mamba juga akan terungkap di episode ini.

Tidak hanya itu, dalam episode ini para tokoh akan berfokus untuk menggabungkan kekuatan yang mereka miliki dengan teknologi data.

Diketahui, episode tiga ini merupakan episode terakhir dari musim pertama SCMU, Kawula Muda. Melalui aespa yang membangun worldview SMCU lewat "Black Mamba", "Next Level", dan "Savage" akan mengakhiri "SMCU aespa Season 1" dengan episode ketiga, "Girls". Video tersebut merupakan perpaduan live-action, animasi, dan komik, di mana member aespa melakukan perjalanan bolak-balik antara kenyataan dan dunia baru KWANGYA.

KWANGYA sendiri merupakan dunia imajinatif yang diciptakan SM Entertainment sebagai tempat para avatar tinggal. Di dunia ini, teknologi dan sihir bekerja secara seimbang.

Untuk para stan SM Entertainment, pasti sudah tidak asing dengan kata yang satu ini. Diketahui, Istilah KWANGYA pertama kali diperkenalkan lewat lagu debut aespa, “Black Mamba”. Sejak itu, semakin banyak lagu dari grup naungan SM Entertainment yang menyinggung konsep tersebut. Misalnya dalam lagu “90’s Love” milik NCT U atau “Don’t Fight the Feeling” dari EXO.

SM Culture Universe, Promosi Musik Kpop Next Level

Beberapa kata dalam Bahasa Indonesia yang muncul dalam episode ketiga aespa "ep.3 Girls (Don’t you know I’m a Savage?)" (YOUTUBE/aespa)

SM Culture Universe atau SCMU merupakan alternate universe yang karakter dan ceritanya disampaikan lewat lagu-lagu para idol SM Entertainment dan aespa menjadi grup pertama dalam proyek SMCU. 

Sebelumnya, anggota Super Junior, Siwon, sempat menyinggung perihal perubahan budaya dan teknologi SM Entertainment di masa depan, salah satunya SMCU.

Proyek tersebut dikemas dalam web series berdurasi 10 menit. Episode pertamanya bertajuk “Black Mamba” dan aespa menjadi pemeran utamanya.

Dalam episode tersebut, diceritakan bahwa terjadi mal fungsi pada ae, alter ego yang dibuat berdasarkan unggahan manusia di media sosial. Dibantu sosok bernama Naevis, ae berusaha memecahkan masalah itu dengan mengunjungi dunia bernama KWANGYA.

Perjalanan member aespa menuju KWANGYA kemudian diceritakan lewat lagu “Next Level”. Para fans juga bisa memahami ceritanya lebih jelas dengan menonton video klip lagu tersebut.

Selain aespa, masing-masing member SMTOWN diprediksi akan memiliki peran masing-masing dalam KWANGYA. Peran tersebut biasanya digambarkan lewat lirik lagu yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya, sehingga ketika dikaitkan menjadi satu cerita utuh.

Istilah Lain dalam SMCU yang Harus Lo Ketahui!

SM Culture Universe atau SCMU merupakan alternate universe yang karakter dan ceritanya disampaikan lewat lagu-lagu para idol SM Entertainment (SM ENTERTAINMENT)

Melansir Koreaboo, simak istilah-istilah lain yang harus lo ketahui sebelum masuk ke SCMU, Kawula Muda.

1. Ae

Ae merupakan alter ego yang tercipta berdasarkan unggahan di media sosial. Ae diartikan sebagai cerminan diri yang lebih sempurna dan sulit ditunjukkan dalam dunia nyata.

2. The FLAT

The FLAT merupakan tempat di mana ae berada ketika tidak di bumi. Tempat inilah yang menjadi titik awal perjalanan para ae menuju KWANGYA untuk menghadapi Black Mamba demi dipersatukan kembali dengan dirinya sendiri di kehidupan nyata.

3. KOSMOS

KOSMOS merupakan titik selanjutnya yang akan dicapai setelah mengalahkan Black Mamba. Istilah ini disebutkan dalam lagu “Next Level” milik aespa dan “90’s Love” milik NCT U.

4. Naevis

Naevis adalah akronim dari navigasi dan ae. Dalam SMCU, Naevis merupakan sosok ae yang dapat membantu membuka portal dan memimpin jalan.

5. SYNK dan SYNK OUT

SYNK adalah istilah yang mengacu pada bagaimana dan kapan para ae terhubung dengan rekan manusia mereka. SYNK OUT menandakan bahwa mereka tidak bisa datang ke dunia nyata.

6. P.O.S

Ini merupakan singkatan dari Port of Soul, yaitu portal yang menghubungkan FLAT dengan dunia nyata. P.O.S juga bisa menjadi pintu bagi ae untuk memasuki KWANGYA.

Berita Lainnya