BTS Cetak Sejarah sebagai Artis Asia Pertama yang Meraih IFPI Global Recording Artist of the Year

Kawula Muda, lagu "Dynamite" kembali mengantar BTS mencetak rekor.

BTS dalam sesi pemotretan. (FACEBOOK/BTS)
Fri, 05 Mar 2021

International Federation Phonographic Industry (IFPI) beberapa waktu lalu memberikan penghargaan untuk Global Recording Artist of the Year.

IFPI adalah organisasi nirlaba yang mewakili industri musik rekaman di seluruh dunia. Setiap tahun, organisasi tersebut memberikan Global Recording Artist of the Year Awards atau Penghargaan Artis Rekaman Global Tahunan.

Penghargaan tersebut mengakui popularitas artis di seluruh dunia di berbagai format musik baik digital maupun fisik (streaming hingga vinil). Penghargaan tersebut juga mencakup seluruh karya mereka.

Pada Kamis (04/03/2021) waktu setempat, IFPI mengumumkan bahwa BTS berhasil meraih penghargaan Global Recording Artist of the Year untuk 2020. Dengan kemenangan itu, BTS menjadi artis Korea Selatan dan Asia pertama yang berhasil mencapai prestasi tersebut.

Sebelumnya, seluruh pemenang penghargaan tersebut berasal dari Amerika Utara, seperti Taylor Swift dan Drake, ataupun dari Inggris seperti One Direction, Adele, dan Ed Sheeran.

Pada 2020, BTS sukses dengan perilisan album "Map of the Soul: 7" yang berhasil memuncaki Billboard 200. Menurut IFPI, album BTS tersebut adalah salah satu album yang paling banyak dipesan dan terjual sepanjang masa.

BTS bawakan 5 lagu saat tampil di "MTV Unplugged". (TWITTER/NTS BIGHIT)

 

Setelah itu, BTS kembali merilis album berbahasa Jepang "Map of the Soul: 7 - The Journey" pada Juli 2020. Album tersebut berhasil dijual sebanyak 500.000 kopi hanya dalam dua hari setelah dirilis.

BTS kemudian membuat sejarah dengan single berbahasa Inggris pertama berjudul Dynamite. Grup yang digawangi oleh RM, J-Hope, Suga, Jin, V, Jungkook, dan Jimin tersebut berhasil menjadi artis Korea pertama yang mencapai No.1 di chart Billboard Hot 100.

Lagu ini bahkan juga dinominasikan Grammy untuk kategori Best Pop Duo/Group Performance. BTS kembali melanjutkan kesuksesan mereka dengan merilia album "BE" pada November, yang menjadi album kelima mereka yang berhasil menduduki puncak Billboard 200.

Berikut adalah 10 artis rekaman global terbaik IFPI 2020.

1.BTS

2. Taylor Swift

3. Drake

4. The Weeknd

5. Billie Eilish

6. Eminem

7. Posting Malone

8. Ariana Grande

9. Juice Wrld

10. Justin Bieber

BTS sebelumnya menempati posisi ke-2 di tangga lagu Global Recording Artist of the Year dari IFPI pada 2018 dan posisi ke-7 pada 2019.

Berita Lainnya