Cetak Rekor, Buku “Harry Potter” Edisi Pertama Laku Seharga Rp 6,7 Miliar

Hai Kawula Muda, harga yang sangat fantastis!

Buku Edisi Pertama "Harry Potter and the Philosopher's Stone". (TWITTER)
Sun, 12 Dec 2021

Baru-baru ini buku edisi pertama Harry Potter terjual seharga 471.000 dolar AS atau sekitar Rp 6,7 miliar pada sebuah lelang di rumah pelelangan di Dallas, Amerika Serikat pada Kamis (9/12/2021).

Atas pencapaian tersebut, buku berjudul Harry Potter and the Philosopher's Stone disebut-sebut telah mencetak harga rekor dunia untuk sebuah karya fiksi abad ke-20.

Rumah lelang Dallas mengatakan, hanya ada 500 eksemplar dengan penjilidan khusus yang dicetak untuk buku Harry Potter edisi pertama tersebut.

Harga akhir pelelangan buku terbitan Inggris pada 1997 yang itu tembus lebih dari enam kali perkiraan harga pra-penjualan sebesar 70.000 dolar AS.

Harga lelang sebelumnya untuk buku Harry Potter edisi pertama berkisar dari sekitar 110.000 dolar AS hingga 138.000 dolar AS.

“Tidak hanya itu buku Harry Potter termahal yang pernah dijual, ini juga merupakan karya fiksi komersial abad ke-20 yang paling mahal yang pernah dijual,” ujar Joe Maddalena, Wakil Presiden Eksekutif Heritage Auctions dalam pernyataannya, Sabtu (11/12/2021).

Buku dengan harga fantastis tersebut dijual oleh kolektor Amerika, namun nama pembelinya tidak diinformasikan.

Penulis Inggris J.K. Rowling menulis enam buku lanjutan tentang petualangan anak yatim piatu penyihir yang terjual sekitar 500 juta kopi di seluruh dunia dalam 80 bahasa, kaat penerbit AS Scholastic.

Dari seluruh buku tersebut, telah diadaptasi menjadi delapan film yang menghasilkan uang senilai 7,8 miliar dolar AS atau setara Rp 112 triliun di box office global.

Berita Lainnya