Teliti Anime One Piece, Mahasiswa UKI Toraja Raih Sarjana Teologi

Congrats Nakama!

Faldy Ekal Tape Sarjana Teologi UKI Toraja bahas One Piece (Detik.com)
Wed, 19 Oct 2022


Tidak hanya menjadi hiburan bagi para penggemarnya, Luffy dan para nakama-nya juga menginspirasi seorang mahasiswa dalam menyelesaikan studinya. Faldy Ekal Tappe, mahasiswa Teologi, Fakultas Teologi, Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja berhasil meraih gelar sarjana melalui skripsinya yang membahas relasi Kelompok Bajak Laut Topi Jerami dalam Anime One Piece dengan bidang keilmuan Teologi Kristen.

One Piece (IMDb)

 

Faldy yang merupakan seorang penggemar dari serial karangan Eiichiro Oda ini memilih kelompok dari karakter utama dalam One Piece untuk dijadikan objek pembahasan dalam skripsinya. Dilansir dari detikSulsel, Alasan dari Faldy mengangkat topik tersebut sederhana, ingin menjadi beda.

“Saya Fakultas Teologi. Banyak teman-teman saya di UKI itu yang selalu mengangkat tentang budaya Toraja dan sebagainya. Jadi saya mau berbeda. Kemudian, saya melihat teman yang berada di Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) meneliti film Batman. Nah kebetulan saya suka anime One Piece makanya saya coba teliti, jadi saya kira menarik” ujar Faldy.

Melalui skripsinya yang berjudul Eklesiologi Trinitas One Piece Telaah terhadap Relasi Kelompok Bajak Laut Topi Jerami dalam Anime One Piece Berdasarkan Pemikiran John D. ZIzioulas dalam The One and The Many, Faldy mencoba menyampaikan bahwa gereja tidak pernah ada dengan sendirinya, tetapi selalu berada dalam relasi dan persekutuan dengan yang lain. Menurut Faldy, serial One Piece ini memperlihatkan komunitas persekutuan atas banyaknya perbedaan yang mencakup ras, suku, dan bangsa yang mana hal ini seharusnya diterapkan juga di gereja agar membentuk persekutuan yang utuh.

Dalam skripsinya, Faldy menjelaskan mengenai masing-masing karakter anggota dari Kelompok Topi Jerami beserta keunikannya. Setiap karakter dalam Kelompok Topi Jerami memiliki kepribadian yang berbeda-beda namun saling menyokong dalam mengarungi laut untuk mencapai mimpi mereka bersama-sama. Penjelasan ini kemudian Faldy kaitkan dengan kehidupan sehari-hari dalam persekutuan gereja sebagai anggota Tubuh Kristus. 

Meskipun sempat diragukan, Faldy berhasil meyakinkan dosen pembimbingnya dengan beberapa referensi yang ia dapat. Faldy juga berhasil menyelesaikan skripsinya tepat waktu.

"Sempat diragukan, tapi saya coba jelaskan kepada dosen pembimbing dengan beberapa referensi yang saya dapat dan akhirnya berhasil dikabulkan judul penelitiannya, dan selesai tepat waktu," jelas Faldy

Faldy juga menambahkan bahwa menurutnya masih banyak serial anime lain yang bisa dikaji melalui bidang teologi, salah satunya adalah serial karangan Masashi Kishimoto, “Naruto”. Menurut Faldy, serial tersebut bisa dikaji karena tokoh “Naruto” selalu bisa menyadarkan musuhnya melalui ceramah.

Berita Lainnya