Elon Musk Dinobatkan Sebagai Person of the Year 2021 Versi TIME

Hai Kawula Muda, satu prestasi lagi dari Elon Musk.

CEO SpaceX dan Tesla, Elon Musk. (INSTAGRAM/SPACEX)
Tue, 14 Dec 2021

CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk dinobatkan sebagai Person of the Year 2021 oleh Majalah TIME pada Senin (13/12/2021).

Elon Musk dinilai sebagai sosok yang memiliki pengaruh besar sepanjang tahun 2021, mulai dari menjadi orang terkaya di dunia hingga kesuksesannya dalam mengeksplorasi luar angkasa.

Dikutip dari Reuters, Selasa (14/12/2021), Pemimpin Redaksi TIME Edward Felsenthal mengatakan, Elon Musk dianggap telah menciptakan solusi bagi krisis eksistensial, menjadi perwujudan kemungkinan dan bahaya zaman raksasa teknologi, dan mendorong transformasi paling berani dan disruptive di masyarakat.

Alasan tadilah yang menjadikan Elon Musk dipilih sebagai Person of the Year 2021 versi TIME.

“Bahkan petualangan Elon Musk di luar angkasa adalah garis langsung dari Person of the Year pertama, Charles Lindergh, yang dipilih editor pada 1927 untuk memperingati penerbangan trans Atlantik solo pertamanya yang bersejarah di atas Samudera Atlantik,” ujar Edward Felsenthal.



Pengaruh selama setahun terakhir

Pada Januari lalu, Elon Musk melampai Jeff Bezos sebagai orang terkaya yang masih hidup dan telah menambahkan lebih dari 100 miliar dollar AS untuk pundi-pundi kekayaannya pada tahun ini saja.

Pada Oktober, Tesla menjadi salah satu dari segelintir perusahaan dengan nilai pasar lebih dari 1 triliun dollar AS.

Dengan SpaceX, pria kelahiran Pretoria, Afrika Selatan, 50 tahun lalu ini telah meluncurkan misi pertama ke orbit Bumi dengan awak hanya turis atau masyarakat sipil tanpa astronot professional.

Dalam tulisannya yang memperkenalkan Musk sebagai Person of the Year, Felsenthal meminta perhatian pada "persona”-nya, menggambarkannya sebagai instrument tumpul yang sering kali tampak bersenang-senang dalam perpecahan dan ejekan agresif, yang dilihat publik melalui seringnya menggunakan Twitter.

Elon Musk, Person of the Year 2021 versi TIME. (INSTAGRAM/ELON MUSK)

 

Tradisi menetapkan Man of the Year telah dilakukan TIME sejak 1927 dan sejak itu berubah bukan hanya untuk mengenali individu melainkan juga untuk mempertimbangkan dampak dari kelompok, gerakan, atau ide yang paling berpengaruh dalam satu tahun terakhir.

Pada 2020, Joe Biden dan Kamala Harris dipilih bersama sebagai Person of the Year. Pilihan tahunan tidak selalu dianggap sebagai suatu kehormatan karena pemilihan bisa saja membawa pengaruh negatif. Misalnya, Adolf Hitler dinobatkan sebagai Man of the Year pada 1938.

Berita Lainnya