Fakta-fakta MODOK, Villain Marvel di "Ant-Man and The Wasp: Quantumania"

Doi badass abiz, Kawula Muda!

Salah satu villain terkuat Marvel, M.O.D.O.K (MARVEL)
Fri, 10 Feb 2023

Jelang Ant-Man and The Wasp: Quantumania yang akan tayang pada Februari ini, mari berkenalan dengan salah satu villain-nya. Akan melawan Scott Lang dan kawan-kawan, villain Marvel Cinematic Universe (MCU) kali ini adalah Mental Organism Designed Only For Killing atau MODOK.

MODOK merupakan sosok kepala raksasa besar yang meledakkan energi. Pada awalnya, villain jahat ini sebenarnya merupakan orang biasa bernama George Tarleton. 

George diketahui masuk sebagai karyawan di organisasi Advanced Idea Mechanics (AIM). Sebelumnya, pemuda malang itu tidak mengetahui bahwa AIM adalah organisasi jahat. 

Suatu hari, AIM malah menangkap George untuk melakukan eksperimen M.O.D.O.C (Mental Organism Designed Only for Computing). Hal tersebut dilakukan untuk memanipulasi Cosmic Cube, Kawula Muda!

Akan tetapi, usaha tersebut gagal. MODOC pun berubah menjadi MODOK dengan keinginan kuat untuk membunuh. 

Tidak terima dikalahkan oleh MODOK, AIM pun membuat versi MODOK versi perempuan. Sama seperti sang inspirasi, versi terbaru tersebut juga bersifat sangat jahat dan brutal serta cinta pembunuhan. Yap! MODOK punya saudara, Kawula Muda!

Sifat MODOK

Salah satu villain terkuat Marvel, M.O.D.O.K (MARVEL)

  

Pada komik Marvel, MODOK merupakan villain yang kejam dan sadis. Karena sudah dikuasai mesin, MODOK tidak memiliki perasaan dan tidak segan-segan untuk membunuh siapa pun yang ada di depannya.

Bahkan, para ilmuwan AIM yang membuatnya menjadi sosok kejam tersebut juga dibunuhnya, Kawula Muda! 

Hal lain yang menarik dari MODOK adalah memiliki tampilan yang aneh. Bagaimana tidak? Kepala mesin tersebut sangat besar dan hanya ditopang oleh tubuh yang ringkih. 

Karena itulah, MODOK membuat kursi dorong bertenaga canggih yang dapat mengapung dan melayang. Hal ini pun membuatnya dapat bergerak dengan lincah.

Villain yang satu ini juga digambarkan sebagai sosok yang penuh cinta di balik sisi kejamnya. Pada versi komiknya, MODOK pernah menyukai beberapa perempuan. Misalnya ketika bekerja sama dengan S.H.I.E.L.D dan jatuh cinta dengan Maria Hill. 

Kemudian, saat bekerja sama dengan Guardians of the Galaxy, ia juga jatuh cinta dengan Angela, saudara rahasia Thor. Namun, keduanya menolak MODOK mentah-mentah, Kawula Muda!

Kekuatan MODOK

Salah satu villain terkuat Marvel, M.O.D.O.K, sekaligus pemimpin INTELLIGENCIA (MARVEL)

 

Tergabung dengan mesin pintar, tak heran MODOK memiliki kecerdasan tingkat tinggi. Ia pun dapat mengolah data dalam hitungan detik dan memiliki ruang penyimpanan yang tidak terbatas. 

Dengan begitu, mesin jahat ini dapat dengan mudah menebak gerakan lawan dan menghitung kemungkinan mengalahkan mereka. Bahkan, teknologi headband miliknya dapat mengubah pikiran yang fokus menjadi energi laser menyakitkan bagi musuh. 

Dengan kepintaran MODOK yang terlalu cerdas tersebut, ia pun membuat serangkaian ‘eksperimen’. Misalnya ketika membuat salah satu agennya menjadi Cyborg serta mengubah kekasih Bruce Banner (Betty) menjadi Red She-Hulk. Selain itu, MODOK juga merupakan kreator virus hebat, yakni virus X yang mampu menghilangkan efek radiasi kosmik. 

Memiliki kekuatan yang bombastis tersebut, banyak villain Marvel yang takut dengannya, misalnya saja Doctor Doom. Selain ini, lawan Ant-Man yang satu ini juga sempat menjadi pemimpin Intelligencia, organisasi para kriminal tingkat tinggi. 

MODOK di Ant-Man


Pada teaser Ant-Man 3 yang ditayangkan pada San Diego Con 2022, terlihat sosok seperti MODOK yang muncul. Meski hanya sekilas tampil dalam wujud robotnya, banyak penggemar MCU yang sudah sangat antusias, Kawula Muda!

Diperkirakan, MODOK bisa saja berada di dunia Quantum dan bertemu Ant-Man. Namun, ada pula spekulasi bahwa sosok tersebut adalah George Tarleton yang masih menjadi seorang manusia sebelum menjadi MODOK. 

Jadi enggak sabar nih nonton Ant-Man and The Wasp: Quantumania!

Berita Lainnya