Arti dari Bahasa Gaul IJBOL, DPMO, dan IDGAF yang Ternyata Singkatan

Kawula Muda, siapa nih yang suka pake singkatan?

Arti dari bahasa gaul IJBOL, DPMO, IDGAF yang merupakan singkatan (FREEPIK)
Tue, 11 Jul 2023

Saat nge-scroll timeline media sosial, setiap harinya muncul bahasa dengan istilah baru nih, Kawula Muda. Sebut saja CMIIW (correct me if I wrong) atau IYKWIM (if you know what I mean).

Terbaru, warganet tengah sering menggunakan kata gaul IJBOL, DPMO, hingga IDGAF. Tak jarang, warganet selalu menggunakan singkatan tersebut di komentar TikTok hingga replies Twitter.

Meski begitu, banyak orang yang belum tahu singkatan dari ketiga kata gaul IJBOL, DPMO dan IDGAF.

Arti dari bahasa gaul IJBOL, DPMO, IDGAF yang merupakan singkatan (UNSPLASH)

Sebelum ketinggalan zaman karena enggak tahu arti dari singkatan bahasa gaul IJBOL, DPMO dan IDGAF, simak penjelasannya di bawah ini, ya!

1. Arti IJBOL

Dalam media sosial Twitter, singkatan ini sering digunakan dan bahkan kerap dijadikan meme. Melansir Urban Dictionary, IJBOL sendiri merupakan kata gaul dari singkatan ‘I Just Burst Out Laughing’.

Dalam bahasa Indonesia, IJBOL berarti ‘aku ngakak banget barusan’. Sebenarnya, IJBOL mirip dengan singkatan LOL, LMAO, ROFL, namun dengan versi yang lebih panjang dan hiperbola. Alias, seseorang yang menggunakan singkatan IJBOL benar-benar 'ngakak', Kawula Muda.

Meski istilah ini sudah muncul sejak tahun 2009, warganet kerap mengartikan jika IJBOL merupakan bahasa Korea, sebab kerap digunakan oleh para penggemar K-Pop.

Meski begitu, IJBOL bukan bahasa Korea ya, Kawula Muda!

2. Arti DPMO

Tidak hanya IJBOL, DPMO menjadi sebuah singkatan bahasa gaul yang kerap digunakan oleh warganet saat ini. DPMO sendiri merupakan bahasa slang yang merupakan singkatan dari ‘Don’t Piss Me Off’ alias ‘jangan membuatku kesal’.

Ungkapan ini bisa digunakan untuk hal yang berbau humor atau serius, tergantung dengan konteksnya.

Misalnya, “Gue enggak peduli dia mantan lo atau bukan, jangan bicara dengannya. DPMO,” atau “Bisa enggak, lo stop kirim gue pesan setiap lima menit sekali? DPMO.”

DPMO sendiri merupakan singkatan bahasa gaul yang berguna jika lo ingin menyampaikan perasaan dengan cepat dan efektif melalui tulisan, Kawula Muda.

3. Arti Singkatan IDGAF

IDGAF sendiri cukup populer beberapa saat lalu, namun kini kembali digunakan warganet sebagai salah satu singkatan kata gaul di media sosial.

IDGAF di sini juga sama dengan lagu Dua Lipa yang berjudul sama loh, Kawula Muda.

IDGAF merupakan singkatan dari ‘I Don’t Give A F***’.

Yap, IDGAF merupakan sebuah ungkapan rasa tidak peduli atau ‘masa bodoh’, Kawula Muda.

Istilah tersebut biasanya dilontarkan saat seseorang mendapatkan perlakuan atau perkataan yang mengganggu dan dirasa tidak penting.

Sedangkan, IDGAF attitude yang ramai dibicarakan di TikTok merupakan sikap masa bodoh, sikap tak acuh, atau sikap tidak peduli yang merujuk pada suatu sifat.

Kawula Muda, itulah beberapa kata gaul singkatan seperti IJBOL, DPMO dan IDGAF yang kini ramai digunakan oleh warganet. Sekarang sudah tahu artinya, bukan?

Berita Lainnya