Forbes Juluki TikTok sebagai Medsos "Pengganggu" Paling Inovatif pada 2020

Kawula Muda, TikTok kini memang digandrungi sebagian besar masyarakat jagat maya.

TikTok, sebuah jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok yang dluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Yiming, pendiri Toutiao. (UNSPLASH)
Thu, 31 Dec 2020

Forbes menyebut TikTok sebagai media sosial inovator disruptif. Aplikasi yang memperbolehkan pengguna untuk membuat video musik pendek sendiri ini mampu menciptakan pasar baru dan mengganggu pasar media sosial yang sudah ada seperti Instagram dan Snapchat.

Jejaring sosial ini memiliki 55 juta pengguna pada 2018, lalu melonjak jadi 690 juta pengguna dis eluruh dunia pada 2020.

Melalui popularitasnya, Forbes juga merilis daftar penggunanya yang meraih pendapatan tertinggi di dunia. Berikut deretan bintang TikTok yang berpenghasilan tinggi versi Forbes.

Year on TikTok menampilkan kebiasaan pengguna (TikTok)

 

1. Addison Rae

Ia merupakan bintang TikTok urutan pertama yang memiliki penghasilan tertinggi, yaitu 5 juta dolar AS atau senilai Rp 54,1 miliar yang berhasil didapatkan dalam kurun waktu 12 bulan.

Pendapatan fantastis ini ia dapatkan berkat 54 juta pengikutnya. Ia mendapat penawaran khusus untuk membuat dagangan dengan mereknya sendiri, dengan brand bernama "Item Beauty".

Tidak hanya itu, ia juga mendapatkan konten bersponsor dari brand kenamaan seperti Reebok dan perusahaan jam tangan Daniel Wellington yang secara keseluruhan menjadi penyumbang dua per tiga dari pendapatanya secara keseluruhan.

2. Charli D'Amalio

Serangkaian video tarian Charli menjadi viral. Bahkan, penyanyi Babe Rexha menggundangnya untuk bergabung dalam pembukaan konser Jonas Brothers di Barclay Center, Brooklyn.

Popularitasnya kian meroket, hingga ia menjadi bintang tamu di reality show AS, Tonight Show.

Ia belakangan diketahui telah menandatangani kontrak dengan perusahaan kosmetik EOS, dan telah meraup pendapatan 4 juta dolar AS atau senilai Rp 58,8 miliar dalam kurun waktu kurang dari 12 bulan.

3. Dixi'e de Amelio

Dixi'e de Amelio merupakan kakak dari Charli D'Amalio. Dixie meraih ketenaran karena hubungan erat persaudaraan dengan saudara perempuannya.

Ia memiliki aset pengikut sebanyak 32 juta dalam beberapa bulan terakhir, dan memiliki total pendapatan 2,9 juta dolar AS per tahun atau senilai Rp 17,6 miliar.

D'Amelios menandatangani kesepakatan bersama dengan perusahaan pakaian Hollister dan perusahaan kosmetik Morphe.

4. Loren Grey

Bintang TikTok ini berhasil meraup untung 2,6 juta dolar AS atau setara Rp 38 miliar, saat ia tengah menjalin kerja sama dengan perusahaan kosmetik Revlon. Saat ini fokus utamanya adalah membuat konten untuk perusahaan kosmetik tersebut.

Grey memiliki penggemar terbesar di TikTok, yang kemudian membawanya menjalin kerja sama dengan Hyundai, Burger King, dan Skechers.

5. Josh Richards

Josh memiliki pendapatan keuntungan 1,6 juta dolar AS atau senilai Rp 22 miliar. Layaknya bintang TikTok lainnya, ia juga telah menandatangani kontrak dengan perusahaan Reebok dan House Party.

Josh juga mendirikan manajemen bakat yang bernama TalentX, dan mendirikan bisnis minuman yang bernama Ani Energy.

6. Michael Le

Michael LE memiliki penghasilan 1,2 juta dolar AS atau senilai Rp 17,6 miliar dalam waktu setahun. Michael Le manggungah dua video yang menampilkan dirinya sedang menari di eskalator bersama adik laki-lakinya yang masih berusia 5 tahun.

Video tersebut dianggap menjadi salah satu unggahan yang paling banyak dibagikan di aplikasi TikTok.

7. Spencer X

Spencer X berhasil meraup keuntungan sekitar 1,2 juta dolar AS atau senilai Rp 17,6 miliar. Padahal, ia baru mengunggah kontennya pada 2019.

Berkat kepopuleran TikToknya, ia mendapatkan sponsor dari Uno, Oreo, dan Sony.

Sejak masih anak-anak, Spencer telah bermimpi untuk menjadi seorang beatboxer. Ia mempelajari serangkaian video beatbox dari YouTube untuk mewujudkan mimpinya itu.

  • EDITORIAL TEAM:

Berita Lainnya