Hanung Bramantyo Angkat Suara Terkait Tudingan Lambang Bintang Gatotkaca Mirip Captain Marvel

Udah nonton teaser-nya belum, Kawula Muda?

Ilustrasi Gatotkaca vs Captain Marvel (HARIMERDEKA via HANUNGBRAMANTYO)
Thu, 24 Feb 2022

Sutradara film Gatotkaca, Hanung Bramantyo, buka suara terkait tudingan miripnya kostum lambang bintang dengan Captain Marvel. Banyak warganet yang membahas hal tersebut di berbagai media sosial usai dirilisnya poster film perdana Satria Dewa: Gatotkaca.

“Duluan mana sih, Marvel sama Gatotkaca?” tutur Hanung Bramantyo dikutip dari CNNIndonesia, Rabu (23/02/2022).

Hanung turut membahas bahwa Gatotkaca telah menemani dirinya sedari kecil. Sedari dulu pun, Gatotkaca memang telah memakai pakaian terbang dengan lambang bintang yang ia dapat dari pada Dewa. 

Simbol bintang tersebut diambil dari kepercayaan Hindu, yakni simbol Dewata Nawa Sanga. Adapun bintang tersebut memiliki arti kekuatan sembilan arah mata angin yang memiliki kebaikan yang sama

“Dari saya kecil yang saya lihat di kotang antakusuma itu kan di tengahnya ada bintang,” tambah sutradara kelahiran 1 Oktober 1975 tersebut. 

Ia turut menegaskan ingin mengadaptasi Gatotkaca seperti cerita pada wayang yang akrab di masyarakat Jawa tersebut. Karena itu, penting untuk tidak mengubah detail yang ada, termasuk lambang bintang hingga sayap tokoh cerita Mahabarata tersebut. 

"Karena saya mengadaptasi Gatotkaca dari wayang, maka saya enggak boleh mengarang," ujar Hanung. "Ya kalau Gatotkaca aslinya menggunakan bintang, ya saya harus memakai bintang,” tambahnya. 

'Satria Dewa: Gatotkaca' merupakan film yang dibuat dengan harapan agar generasi muda kembali mengenal wayang. Hal itu terlihat dari beberapa terminologi yang sesuai dibuat untuk anak muda. Para pemeran dalam film tersebut pun merupakan generasi muda, misalnya tokoh Gatotkaca yang diperankan oleh Rizky Nazar. 

Berita Lainnya