Highlights Piala Oscars 2022: Will Smith Tonjok Chris Rock hingga 'Bingkisan' Senilai Rp 1,9 M!

Mana nih favorit Kawula Muda?

Oscars 2022 memberikan banyak memori baru, dari yang positif hingga negatif. (WhatToWatch)
Mon, 28 Mar 2022


Ajang penghargaan Oscar 2022 digelar pada Minggu (27/03/2022) tepatnya di Dolby Theatre, Los Angeles. Pembawa acara Oscar kali ini adalah Amy Schumer, Wanda Sykes, dan Regina Hall.

Beyoncé dan Billie Eilish juga tampil untuk meramaikan berjalannya acara tersebut. Beyoncé membawakan lagu 'Be Alive' yang merupakan soundtrack orisinal dari film King Richard.

Oscar 2022 memberikan berbagai memori baru, mulai dari yang positif hingga negatif. Film-film yang berhasil menjadi nominasi di Oscars tahun ini adalah film streaming, musikal, sampai film horror.

Berikut beberapa highlights dari Oscar 2022.

1. Will Smith tonjok Chris Rock


Will smith tonjok Chris Rock usai tuaikan candaan mengenai Jada-Pinkett Smith. (Robyn Beck)

 

Awalnya para selebriti mengira bahwa pertikaian tersebut telah direncanakan oleh pihak Oscar. Namun ternyata, kejadian antara Will Smith dan Chris Rock sangat nyata.

Will Smith naik ke panggung tempat Chris Rock berbicara dan menonjoknya. Hal tersebut dilakukan karena Rock membahas rambut sang istri, Jada-Pinkett Smith, yang botak karena penyakit yang dialaminya. Rock menyebut Jada dengan nama G.I Jane II.

Setelah Rock melontarkan guyonannya, banyak selebriti yang terlihat tidak nyaman. Terlihat jika Smith pada awalnya tidak ingin melakukan apa-apa, sampai dititik di mana ia melihat mata istrinya yang berkaca-kaca.

Walaupun akhirnya Rock memberikan pembelaan bahwa ia hanya bercanda, ia terlihat takut dan berjanji dirinya tidak akan menertawakan 'kekurangan' istri Smith lagi.

Di samping itu, Will Smith yang dianugerahi sebagai Best Actor dalam Oscar 2022, masih belum diketahui nasib pialanya, apakah harus dikembalikan karena pelanggaran kode etik atau tidak. Untuk sementara, pihak Academy Awards melalui Twitter, menuturkan bahwa, “The Academy tidak memaafkan kekerasan dalam bentuk apa pun. Malam ini, kami dengan senang hati merayakan Academy Awards ke-94, dan mereka yang pantas mendapat pengakuan dari rekan-rekan serta pecinta film di seluruh dunia.”

2. Mila Kunis ajak tamu Oscar mengheningkan cipta untuk Ukraina


Tamu Oscars 2022 mengheningkan cipta untuk Ukraina. (NME)

 

Mila Kunis merupakan wanita kelahiran Ukraina. Pada kesempatannya mengambil alih panggung Oscars, ia mengajak para tamu Oscar 2022 untuk mengheningkan cipta sejenak untuk keadaan dan peristiwa yang sedang terjadi di Ukraina.

Setelah memberikan pidato dan mengingatkan para tamu mengenai peristiwa yang menimpa Ukraina, ia menyambut Reba McIntyre untuk datang ke panggung dan membawakan lagu serta mempresentasikan sebuah video tribute untuk warga Ukraina.

3. BTS kejutkan tamu Oscar 2022 dengan kehadiran secara virtual


Dalam video pendek yang diunggah oleh akun twitter @variety, BTS terlihat sedang mengobrol membicarakan film musikal favorit mereka yang merupakan film animasi.

BTS memuji animasi yang diciptakan oleh Disney dan Pixar serta menyatakan kalau film animasi Coco adalah salah satu film animasi terbaik dari Pixar karena membuat mereka menangis.

4. Billie Eilish dan Finneas menangkan penghargaan untuk 'No Time to Die'


Soundtrack 'James Bond' kembali menangkan penghargaan Oscar. (thewrap.com)


Soundtrack James Bond kembali raih penghargaan dari Oscar. Setelah Adele dan Sam Smith, kali ini Billie Eilish dan Finneas menangkan penghargaan Best Original Song untuk lagu 'No Time to Die'.

Mereka adalah kakak-adik pertama yang berhasil memenangkan kategori tersebut setelah Robert B. Sherman dan Richard M. Sherman pada tahun 1964.

Saat menerima penghargaan tersebut, keduanya terlihat sangat bahagia dan terkejut. Sebab, lagu tersebut telah rilis sekiranya dua tahun yang lalu dan masih berhasil mendapatkan penghargaan dari Oscar 2022.

5. Troy Kotsur jadi aktor tuli pertama yang berhasil menangkan Piala Oscar


Troy Kotsur menangkan Oscar untuk Best Supporting Actor dalam film 'CODA'. (liputan6.com)

 

Troy Kotsur pada Oscar 2022 berhasil menjadi tunarungu pertama yang memenangkan penghargaan untuk Best Supporting Actor dalam karakternya di film CODA.

Lawan mainnya, Marlee Matlin, juga pernah memenangkan Oscar 1987 untuk Best Actress berkat pertunjukannya di film Children of a Lesser God.

Kotsur menyatakan dalam pidatonya bahwa ia mempersembahkan penghargaan tersebut untuk komunitas tunarungu.

6. Total isi goodie bag Oscar 2022 mencapai Rp 1,4 miliar


Goodie bag Oscar 2022 memiliki total sebesar Rp1,4 miliar. (popbela.com)

 

Perusahaan marketing yang mengurus isi dan pembagian goodie bag kepada tamu Oscar 2022 menyatakan bahwa mereka akan membagikan goodie bag dengan total harga 140.000 Dolar AS atau sekitar Rp 1,9 milyar kepada nominator.

Berikut isi goodie bag yang dibagikan pada Oscar 2022:

1. Sebidang tanah di kawasan Skotlandia seharga Rp 2,8 juta per 30,48 meter persegi

2. Perawatan kulit dari Dr. Konstatin Vasyukevich senilai Rp 143 juta

3. Minyak zaitun dengan kandungan emas

4. Voucher menginap di kastel Skotlandia

5. Empat hari penginapan di Golden Door luxury resort dan spa di Escondido, California

6. Perawatan sedot lemak seharga Rp 136 juta - Rp 215 juta

7. Biskuit cokelat premium dari Bahlsen

8. Suplemen dan vitamin

7. Ariana DeBose cetak sejarah


Ariana DeBose cetak sejarah dengan menangkan Best Supporting Actress di Oscar 2022. (Variety)

 

Aktris Ariana DeBose berhasil mencetak sejarah di Oscar 2022 sebagai wanita Afro Latina pertama yang menangkan penghargaan untuk Best Supporting Actress.

Ia menangkan penghargaan tersebut untuk perannya dalam film West Side Story

8. Dune borong piala di Oscar 2022


Film Dune berhasil memborong penghargaan di Oscar 2022. Dune berhasil membawa pulang enam penghargaan piala Oscar sekaligus mendominasi kemenangan dalam 94th Annual Academy Awards dengan memenangkan kategori Best Cinematography, Film Editing, Original Score, Production Design, Sound dan Visual Effects.

Berita Lainnya