Inggris Sukses Gelar Konser Musik Berkonsep Jaga Jarak yang Pertama

Hai Kawula Muda, Inggris sukses menggelar konser musik berkonsep jaga jarak yang pertama pada Rabu (12/8/2020).

Konser musik jaga jarak pertama sukses digelar di Newcastle, Inggris, Rabu (12/8/2020). (INSTAGRAM/VIRGIN MONEY UNITY ARENA)
Fri, 14 Aug 2020

And so it begins.. @sam_fender,” tulis akun @virginmoneyunityarena, tempat konser dengan konsep jagar jarak pertama di Inggris, sesaat sebelum sukses menggelar pentas musik di Newcastle, Rabu (12/8/2020).

Konser musik di arena terbuka yang ada di Gosforth Park, Newcastle, ini digelar dengan bintang tamu utama musisi asal Inggris, Sam Fender. Tiket konser sukses terjual habis dalam hitungan menit!

Keesokan harinya, berita tentang kesuksesan pergelaran musik dengan konsep jaga jarak pertama di Inggris itu pun menjadi pemberitaan di media lokal juga internasional.

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi, mau tak mau mengubah banyak hal, termasuk urusan pergelaran konser.

Di arena yang dapat menampung 2.500 penonton tersebut terbagi menjadi 500 tempat khusus yang disekat dengan pagar sebagai pemisah jarak. Panitia memberikan jarak dua meter untuk tiap area yang bisa menampung maksimal lima orang.

Mengutip dari Variety, Sam Fender mengungkapkan harapannya agar konser ini menjadi pionir dan dapat dilanjutkan selama masih terjadi pandemi.

“Kawasan kita hebat karena menjadi pionir dan saya berharap dapat melanjutkannya selama pandemi. Tentu tidak akan menjadi konser sepert biasanya, tetapi kita harus melakukan apa yang kita bisa,” ujar Sam Fender.

Media setempat melaporkan bahwa konser pertama dengan konsep jaga jarak di Inggris ini terbilang sangat sukses.

Pihak penyelenggara konser dari SSD Concerts memikirkan setiap aspek pertunjukan agar dapat menerapkan kebijakan jaga jarak dengan optimal. Salah satu aspek terpenting adalah akses ke lokasi, terutama jalan menuju arena utama yang diatur sedemikian rupa agar penonton tidak saling berpapasan.

Selama konser, penonton dapat membeli makanan dan minuman dengan sistem pemesanan. Pesanan mereka akan diantarkan langsung ke tempat masing-masing.

Setelah kesuksesan Sam Fender, sederet musisi lain jdijadwalkan akan tampil di lokasi Virgin Money Unity Arena tersebut, di antaranya Maximo Park, Von Morrison, serta komedian Jimmy Carr dan Bill Bailey.

Melihat kesuksesan ini, para pencinta musik di Amerika merasa tertantang untuk membuat konsep serupa. Banyak dari mereka yang membandingkan dengan konsep drive-in  yang dianggap gagal di AS.

Kegagalan itu terbukti saat The Chaismokers menggelar konser drive-in pada akhir Juli 2020.Banyak aturan penerapan jaga jarak yang dilanggar oleh penonton.

Sejumlah video yang beredar memperlihatkan para penonton keluar dari mobil dan berkerumun. Bahkan beberapa di antaranya tidak mengenakan masker.

Berita Lainnya