Ini Kutipan Dialog Film Terikonik Versi Prambors Radio

Apa dialog ikonik film yang masih lo inget sampe sekarang, Kawula Muda?

Ilustrasi dialog (UNSPLASH/Dima Pechurin)
Sat, 12 Feb 2022

Kawula Muda, ada gak sih dialog suatu karakter film yang sangat membekas di pikiran lo? 

Misalnya, ketika lo mendengar ataupun membaca quotes dialog tersebut, ada perasaan DeJavu kayak ‘Eh... ini kan dialog si AAA pas nonton film BBB!” 

Suatu dialog dapat menempel di dalam ingatan seseorang karena berhasil menghantarkan emosi yang kuat, seperti sangat memotivasi, konyol, hingga cringe. Hampir setiap film tentu berharap memiliki dialog ikonis yang dapat diingat banyak orang, tetapi tak banyak yang berhasil memilikinya. 

Nah, kalau menurut tim Prambors Radio, berikut ini adalah beberapa dialog ikonis film yang mampu membekas di ingatan penonton! 

1. “It’s leviOsa not levioSAR...”-Harry Potter

via GIPHY

Dialog yang satu ini merupakan salah satu dialog terfenomenal, terutama bagi mereka para pencinta serial Harry Potter. Well, jika diingat kembali, dialog ini muncul dari karakter Hermione (Emma Watson) ketika mengkritik Ron yang tidak dapat menyebutkan mantra dengan benar. 

Anyway, mantra Wingardium Leviosa berfungsi untuk membuat benda melayang, loh! Hal ini sesuai dengan arti Wingardium Leviosa dalam bahasa latin, yakni wing (benda bisa terbang), arduus (melayang), dan levi (naik).

2. “Jangan rindu, berat. Kamu nggak akan kuat, biar aku saja,”-Dilan 1990

Kawula Muda tentu sudah tidak asing lagi dengan kutipan yang satu ini. Selain dikarenakan Dilan 1990 merupakan salah satu film terpopuler di Indonesia, kalimat gombal yang satu ini juga viral di media sosial akibat banyaknya kreasi meme dari kalimat tersebut. 

Usut punya usut, rupanya Dilan merupakan karakter favorit Pidi Baiq (penulis serial Dilan) karena sifatnya yang seolah memiliki berbagai cara untuk membuat pacarnya (Milea) merasa istimewa. Oleh sebab itu, tak heran jika Dilan memiliki banyak dialog yang terkesan ‘gombal’ untuk mengekspresikan rasa sayangnya kepada Milea. 

Selain itu, ada pula dialog ikonis lainnya seperti “Jangan pernah bilang ke aku ada yang menyakitimu. Nanti, besoknya, orang itu akan hilang!”

3. “Just keep swimming, just keep swimming, swimming, swimming,”-Finding Nemo

via GIPHY

Line iconic yang satu ini sering diucapkan oleh Dory, salah satu ikan dalam film Finding Nemo, ketika Marlin (ayah Nemo) merasa putus asa untuk menemukan Nemo. Misalnya saat mereka kehilangan diver’s mask, petunjuk utama untuk menemukan Nemo.

Namun, setiap kali Marlin merasakan emosi negatif tersebut, Dory selalu mengatakan “What do we do? We swim, swim!”  seakan mengingatkan Marlin untuk tidak putus asa untuk menemukan Nemo dengan terus berenang... terus berenang… (dan begitu pula dengan hidup, bukan?)

4. “Hakuna Matata!”-Lion King

via GIPHY

Lion king merupakan salah satu film Disney yang ditunggu-tunggu banyak orang. Bahkan, trailer live action Lion King berhasil pecahkan dengan 224,6 juta penonton dalam 4 jam.

Sayangnya, kalimat ‘Hakuna Matata’ mengalami kontroversi karena dianggap sebagai apropriasi budaya alias perampasan budaya, karena Disney menjadikan kata tersebut sebagai merek dagang untuk menghentikan produksi merchandise tak resmi. Padahal, Hakuna Matata merupakan frasa bahasa Swahili dari Afrika Timur yang bermakna ‘no trouble’ yang telah digunakan oleh banyak negara seperti Kenya, Tanzania, Uganda, dan Rwanda. 

5. “Jadi, sebenarnya kita ini apa, sih?”-Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini

Nah, ini dia! Dialog Awan yang seakan merepresentasikan pertanyaan penonton kepada Kale dalam film NKCTHI. Seolah-olah lelah berada di dalam status yang gak jelas, pertanyaan ini pun lolos dari bibir Awan untuk mempertanyakan kelanjutan hubungan mereka. 

Well, sebenarnya ini adalah pertanyaan yang wajar loh, Kawula Muda! Mengingat adalah hak setiap orang untuk meminta kejelasan dari sebuah hubungan romantik. Seperti lagu Armada, "Mau dibawa ke mana hubungan kita?"

Sebenarnya masih banyak sekali dialog legendaris dari berbagai film, baik dalam maupun luar negeri. 

Misalnya saja “Jadi orang itu yang solutif gitu loh!” ala Bu Tejo dari film pendek Tilik. Atau “Apakah mbak Cassandra percaya teori bumi datar?” dari film Susah Sinyal, hingga “May the force be with you.” yang akrab didengar dari film Star Wars. 

Iconic dialogues are about the most simple, emotional, and original ones. 

Berita Lainnya