Jika Amber Heard Tidak Bisa Bayar Johnny Depp Rp 150 Miliar, Ini Akibatnya

Hai Kawula Muda, Amber Heard mungkin enggak bisa bayar ganti rugi.

Amber Heard harus bayar denda Rp 150 miliar ke Johnny Depp. (INSTAGRAM)
Fri, 03 Jun 2022


Kekalahan Amber Heard dalam persidangan pencemaran nama baik terhadap mantan suaminya, Johnny Depp, menimbulkan konsekuensi keharusan Amber membayar ganti rugi sebesar 10,35 juta dolar AS atau sekitar Rp 150 miliar.

Uang tersebut terdiri atas dana kompensasi sebesar 10 juta dolar AS dan dana hukuman (punitive) sebesar 350 ribu dolar AS. Mampukah Amber membayarnya?

Biaya sebesar itu diprediksi akan memicu kesulitan keuangan bahkan bagi aktris sekelas Amber Heard.

Ada kemungkinan ia akan gagal membayar ganti rugi tersebut meskipun sudah mengerahkan seluruh kekayaannya.

Persidangan Amber Heard dan Johnny Depp di Pengadilan Fairfax County Circuit (Jim Lo Scalzo/Pool via REUTERS)

  

Lantas opsi apa saja yang bisa diambil Heard bila tidak sanggup membayar ganti rugi tersebut?

1. Banding 

Menurut pengacara Amber Heard, Sandra Spurgeon dari Spurgeon Law Group di Lexington, Kentucky, Heard dapat mengajukan banding atas putusan tersebut jika tidak mampu membayar.

Namun, ada persyaratan yang harus dipenuhi Heard jika mengajukan banding yaitu dia antara harus membayar jaminan sebesar 10,35 juta dolar AS penuh, ditambah biaya lain saat proses banding berlangsung.

2. Mengajukan Kebangkrutan

Sandra Spurgeon mengatakan, Heard juga memiliki pilihan untuk mengajukan kebangkrutan, yang akan menghilangkan kewajibannya mengganti rugi 10 juta dolar AS. Tetapi Heard tetap harus membayar ganti rugi sebesar 350 ribu dolar AS yang umumnya tidak bisa dibebaskan dalam kebangkrutan.

3. Berharap kemurahan hati Depp

Mungkin ini adalah opsi terberat bagi Heard, karena opsi ini sangat bergantung pada kemurahan hati Johnny Depp untuk membebaskan ganti rugi dari Heard.

“Depp di kursi pengemudi sekarang,” kata Spurgeon. Sebagai catatan, Depp juga bisa bernegosiasi dengan Heard untuk angka yang lebih rendah.

Johnny Depp dalam komentar Instagram-nya tidak menunjukkan niat untuk melanjutkan mengeksekusi denda dari Heard. Dia hanya menulis bahwa tujuan membawa kasus ini adalah untuk mengungkapkan kebenaran, terlepas dari hasilnya.

Amber Heard sendiri sudah mengeluarkan pernyataan resmi usai keputusan pengadilan. Namun, Heard juga sama sekali tidak menyinggung soal finansial atau ganti rugi yang jadi tanggung jawabnya.

Berita Lainnya