Amber Heard Kalah Melawan Johnny Depp: Ini Kemunduran Bagi Perempuan

Hai Kawula Muda, Amber Heard tidak terima kekalahannya.

Johnny Depp vs Amber Heard di proses persidangan pencemaran nama baik. (TWITTER)
Thu, 02 Jun 2022


Usai putusan juri yang menyebutkan dirinya melakukan pencemaran nama baik terhadap mantan suaminya, Johnny Depp, Amber Heard tak kuasa menahan kekecewaannya.

Dikutip dari AFP, Amber usai sidang, Rabu (1/6/2022) mengatakan apa yang diputuskan para juri di pengadilan sebagai sebuah bentuk kemunduran bagi perempuan.
"Kekecewaan yang saya rasakan hari ini tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Saya patah hati karena segunung bukti masih belum cukup untuk melawan kekuatan, pengaruh, dan pengaruh yang tidak proporsional dari mantan suami saya," kata Heard dalam sebuah pernyataan yang dirilis tak lama setelah itu.

"Saya bahkan lebih kecewa dengan apa artinya putusan ini bagi perempuan lain. Ini adalah kemunduran... Ini mengembalikan gagasan bahwa kekerasan terhadap perempuan harus ditanggapi dengan serius," katanya.

Jadi perhatian dunia

Sidang pencemaran nama baik aktor Johny Depp dan aktris Amber Heard telah menjadi perhatian dunia beberapa waktu belakangan.

Bukan hanya banyak diliput oleh pers, sidang ini pun ramai diwarnai para komentator di media sosial. Persidangan ini adalah episode lanjutan setelah persidangan pencemaran nama baik yang terjadi di Inggris pada tahun 2020 terhadap editor eksekutif dan penerbit The Sun yang dilakukan Johnny Depp dengan materi masalah yang sama.

Di sidang yang digelar di Virginia ini, Johnny Depp melayangkan gugatan pencemaran nama baik atas Heard. Ia pun menuntut agar Heard membayar sebesar 50 juta dolar AS atau setara Rp 733 miliar, sebagai imbas atas tulisan opini yang ditulis Heard di Washington Post pada Desember 2018.

Bagi Amber Heard, kekalahannya di kasus ini adalah kehilangan hak berbicara sebagai orang Amerika.

“Saya masih lebih sedih karena saya tampaknya telah kehilangan hak yang saya pikir saya miliki sebagai orang Amerika – untuk berbicara dengan bebas dan terbuka,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Amber Heard bukan satu-satunya yang harus membayar ganti rugi dalam kasus ini. Johnny Depp juga harus membayar 2 juta dolar AS atau setara Rp 29 miliar ke Heard untuk ganti rugi.

Berita Lainnya