Matty Healy The 1975 Minta Maaf Atas Aksi-aksi Kontroversinya

Semoga bisa be better moving forward, ya Matt

Perkiraan set list konser The 1975 di We The Fest 2023 (THE NEW YORK TIMES)
Thu, 05 Oct 2023

Penyanyi The 1975, Matty Healy, kembali membuat pernyataan yang cukup heboh. Tetapi kali ini pernyataan tersebut berupa permintaan maaf dari atas panggung.

Permintaan maaf terbaru ini terjadi pada pertunjukan Senin malam (02/10/2023) di Hollywood Bowl, di mana Matty mengatakan kepada penonton bahwa dia berencana untuk "menjadi lebih baik di masa depan".

Dilansir dari Billboard, dalam video yang direkam dan dibagikan oleh penggemar tentang permohonan maaf secara umum yang tidak spesifik.

Matty Healy berkata, “Aku pikir penting untuk menginventarisasi diri sendiri sehingga kalian menyadari ketika niat dan tindakan kalian tidak sejalan. Jadi, karena beberapa tindakan saya telah menyakiti beberapa orang, saya meminta maaf kepada orang-orang tersebut, dan saya berjanji untuk melakukan yang lebih baik di masa depan.” 

Saat penonton bertepuk tangan, pentolan The 1975 itu menambahkan, “Inilah permohonan maaf gaya yang lama.”

“Tetapi menurutku penting juga untuk mengungkapkan niatku sehingga semua orang tahu tidak ada niat buruk yang datang dari diriku,” lanjutnya sambil merokok dan memegang minuman di tangan, seperti gaya khasnya di atas panggung. 



“Kalian tahu, sebagai seorang artis, aku ingin menciptakan lingkungan bagi diriku sendiri untuk tampil di mana tidak semua yang aku lakukan bisa dipahami secara harfiah.”

Di samping itu, baru-baru ini The 1975 juga mengungkapkan akan hiatus usai rangkaian tur dunia “Still… at Their Very Best” berakhir pada Maret 2024 mendatang.

"Setelah tur ini berakhir, kami akan hiatus dalam waktu yang panjang, jadi luar biasa rasanya bisa bersama kalian malam ini," ujar Matty Healy dalam konser di Sacramento, California, Selasa (26/09/2023).

Meski begitu, masih belum jelas apakah band tersebut akan hiatus dalam rangkaian penampilan panggung saja atau keseluruhan proyek musik mereka.

Sejauh ini, setidaknya sejak Oktober 2022 lalu, Matty Healy dan bandnya The 1975 telah banyak mengarungi serangkaian proyek musik dan tak lepas juga dengan berita gossip serta kontroversi yang mereka lakukan selama tur setelah merilis album Being Funny in a Foreign Language di tahun lalu.

Pada bulan April, band tersebut meminta maaf kepada rapper Ice Spice, karena telah bertindak rasis pada wawancara dalam podcast The Adam Friedland Show.

Lalu, band asal Inggris ini sempat membuat kontroversi cukup besar pada Juli lalu ketika melanggar aturan saat tampil di Malaysia dengan mengkritik aturan anti LGBT Negeri Jiran. 

Selain itu dua anggota band, Matty Healy bersama Ross MacDonald berciuman di atas panggung yang membuat band tersebut di-banned oleh pemerintah setempat, Kawula Muda.

Atas kejadian ini, The 1975 juga batal tampil sebagai headliner di We The Fest 2023 Jakarta.

Berita Lainnya