Pertama di Dunia, The 1975 akan Gelar Konser Tanpa Jejak Karbon

Bakal jadi band pertama nih

The 1975 (INSTAGRAM/the1975)
Fri, 08 Sep 2023

Band The 1975 akan menggelar pertunjukan konser tanpa jejak karbon pertama di dunia, yang akan diselenggarakan di The O2, London, Inggris.

Rencana tersebut telah dikonfirmasi oleh pihak venue, The O2 secara langsung bahwa mereka akan menjadi tuan rumah dalam konser yang diklaim berkonsep menghilangkan jejak karbon tersebut. 

Konser dengan konsep terbaru yang dimeriahkan oleh The 1975 ini akan diselenggarakan pada awal tahun 2024 mendatang.

Millennium Dome atau The O2 (INSTAGRAM/rshparchitects)

 

Dilansir dari NME, uji coba serangkaian acara tersebut akan dilakukan pada bulan Februari tahun depan, di mana penyelenggara akan menggunakan berbagai metode untuk menghilangkan jejak karbon secara fisik yang dihasilkan dari acara tersebut.

Diketahui, jika uji coba ini berhasil maka akan dapat membantu membuka jalan untuk penerapan model baru di tempat konser lainnya, berguna juga untuk promotor untuk mendorong pengurangan emisi karbon dalam industri hiburan.

Direktur Sustainability AEG Eropa, Sam Booth mengatakan, "Kami sangat bangga menjadi tuan rumah acara yang menghilangkan karbon pertama di dunia di sini di The O2."

"Acara besar yang bebas karbon secara sempurna saat ini belum ada, tetapi selama industri terus berinovasi dan memperbaiki diri untuk mengurangi emisi ke tingkat terendah yang mungkin, penghilangan karbon akan tetap menjadi bagian penting dari teka-teki ini," lanjut Sam. 

Begitu juga yang diklaim oleh Mark Stevenson selaku Co-Founder dan Chief Impact Officer di CUR8, Perusahaan yang bergerak dalam penghapusan jejak karbon.

"Yang bagus dari pertunjukan-pertunjukan ini adalah bahwa kami dapat menunjukkan bahwa sekarang ini memungkinkan untuk memasukkan biaya penghilangan CO2 yang tersisa ke dalam model bisnis yang sudah ada, sehingga penggemar tidak akan melihat perbedaan dalam pengalaman konser."

"Ini adalah kemenangan mutlak - untuk artis dan penggemar mereka yang peduli dengan krisis iklim," lanjut Mark.

Jadwal Konser The 1975 UK dan Europe 2024 (INSTAGRAM/the1975)

Pertunjukan The 1975 yang akan digelar dalam uji coba dengan desain ramah lingkungan itu akan menjadi bagian dari tur konser "Still At Their Very Best" Inggris dan Eropa 2024, yang sudah diumumkan pada akhir bulan lalu.

Kegiatan The 1975 yang berhubungan dengan memberikan dampak positif pada lingkungan itu bukanlah kegiatan untuk pertama kali bagi The 1975. Band tersebut sempat mengajak penggemarnya untuk menanam pohon bersama-sama pada tahun 2019, dengan tujuan sebagai tindakan komitmen mereka dalam menghadapi perubahan iklim. 

Tidak hanya itu, The 1975 itu diketahui juga bergabung dalam organisasi perubahan iklim Music Declares Emergency, dengan meluncurkan kaos dan hoodie amal baru dalam variasi warna  hitam dan putih pada tahun 2021, dengan slogan "No Music On A Dead Planet" dan "The 1975 for MDE."

Berita Lainnya