Banyak Kontroversi, The 1975 Umumkan Hiatus dalam Waktu yang Panjang

and we'll miss you on the train, we'll miss you in the morning

The 1975 (INSTAGRAM/the1975)
Fri, 29 Sep 2023

The 1975 akan hiatus dalam waktu yang panjang. Pengumuman besar ini disampaikan langsung oleh vokalis sekaligus pentolan mereka, Matty Healy dalam konser yang digelar di Sacramento, California, Amerika Serikat pada Selasa (26/09/2023) lalu.

"Setelah tur ini berakhir, kami akan hiatus dalam waktu yang panjang, jadi luar biasa rasanya bisa bersama kalian malam ini," ujar Matty Healy.

Seperti yang diketahui, The 1975 akan mengakhiri rangkaian tur dunianya di wilayah Amerika pada 2 Desember di Seattle. Sedangkan untuk tur wilayah Inggris dan Eropa akan berakhir di Amsterdam pada Maret 2024 mendatang.

Meski begitu, masih belum jelas apakah band tersebut akan hiatus dalam rangkaian penampilan panggung saja atau keseluruhan proyek musik mereka.

Sejauh ini, setidaknya sejak Oktober 2022 lalu, Matty Healy dan bandnya The 1975 telah banyak mengarungi serangkaian proyek musik dan tak lepas juga dengan berita gossip serta kontroversi yang mereka lakukan selama tur setelah merilis album Being Funny in a Foreign Language di tahun lalu.

The 1975 membuat gebrakan besar setelah menggaet Taylor Swift ke panggung mereka di London dan membawakan lagu "Anti-Hero" secara live di atas panggung untuk pertama kalinya pada Januari 2023 ini. 

Tak lama setelahnya, muncul kabar Matty dan Taylor yang menjalani hubungan asmara singkat, hal ini diketahui karena Matty beberapa kali muncul di konser "The Eras Tour" Taylor Swift sebagai tamu undangan VIP dan terlihat berkencan mesra di luar konser.

Pada bulan April, band tersebut meminta maaf kepada rapper Ice Spice, selaku kolaborator Taylor Swift dalam lagu "Karma" karena telah bertindak rasis pada wawancara dalam podcast The Adam Friedland Show.

Lalu, band asal Inggris ini sempat membuat kontroversi cukup besar pada Juli lalu ketika melanggar aturan saat tampil di Malaysia dengan mengkritik aturan anti LGBT Negeri Jiran. 

Selain itu dua anggota band, Matty Healy bersama Ross MacDonald berciuman di atas panggung yang membuat band tersebut di-banned oleh pemerintah setempat, Kawula Muda.

Atas kejadian ini, The 1975 juga batal tampil sebagai headliner di We The Fest 2023 Jakarta hari ketiga.

Semoga come back stronger and better ya, Matty dkk.

Berita Lainnya