“Minari” Gagal, “Nomadland” Jadi Film Terbaik Oscar 2021

Kawula Muda, kemenangan “Nomadlan” telah diprediksi sebelumnya.

"Nomadland" peraih Oscar 2021 untuk kategori Film Terbaik. (TWITTER/NOMADLAND"
Mon, 26 Apr 2021

Film Nomadland akhirnya secara resmi dianugerahi sebagai Film Terbaik dalam ajang Oscar 2021 yang digelar pada Minggu (25/4/2021) malam waktu setempat atau Senin pagi WIB.

Film yang disutradarai oleh Chloe Zhao ini berhasil mengalahkan tujuh nomine lainnya yaitu The Father, Judas and the Black Messiah, Mank, Minari, Promising Young Woman, Sound of Metal, dan The Trial of the Chicago 7.

Dengan kemenangan Nomandland, maka impian Minari untuk membawa pulang Oscar seperti pendahulunya, Parasite, pupus sudah.

Selain kategori Film Terbaik, Nomadland juga berhasil membawa pulang kategori lain dalam ajang ini yaitu Sutradara Terbaik yang diraih oleh Chloe Zhao serta Aktris Terbaik yang diraih oleh Frances McDormand.

Kemenangan Nomadland sebelumnya telah diprediksi oleh banyak pihak. Film tersebut telah berhasil meraih kemenangan di berbagai ajang penghargaan bergengsi, termasuk sebagai Film Terbaik di Golden Globes serta BAFTA Awards.

Selain itu, film ini juga berhasil menyabet penghargaan dari People’s Choice Award di Toronto International Film Festival, serta memborong empat piala dalam ajang penghargaan Critics Choice Awards.

Nomadland diangkat dari buku nonfiksi pada 2017 karya Jessica Bruder. Nomadland bercerita tentang perjalanan seorang perempuan bernama Fern (Frances McDormand) sebagai nomaden setelah kehilangan pekerjaan dan suami tercinta.

Fern kemudian memilih untuk hidup dalam sebuah mobil van yang membawanya berkeliling sejumlah tempat dari negara bagian yang satu ke negara bagian lain di Amerika.

Film "Nomadland" disutradarai oleh Chloe Zhao. (TWITTER/NOMADLAND)

 

Dalam perjalanannya, Fern kemudian bergabung dalam komunitas pelaku gaya hidup nomaden. Ia pun banyak belajar berbagai hal mulai dari cara bertahan hidup di jalanan, hidup mandiri, serta belajar mengenai persahabatan dan cinta.

Film tersebut dinilai banyak pihak telah sukses menggambarkan kehidupan para nomaden Amerika yang selama ini tidak pernah mendapat perhatian dari pemerintah setempat.

Berita Lainnya