Olivia Rodrigo dan Lily Allen Beri Jari Tengah sebagai Respons Pencabutan Kebijakan Aborsi

Karena pencabutan perlindungan akan aborsi, Kawula Muda!

Olivia Rodrigo menangkan tiga nominasi Grammy 2022 (INSTAGRAM/OliviaRodrigo)
Mon, 27 Jun 2022


Pelantun lagu 'Driver’s License', Olivia Rodrigo dan musisi asal Inggris, Lily Allen, memberikan jari tengah di atas panggung Festival Glastonbury.

Adapun hal tersebut sebagai respons atas pencabutan kebijakan aborsi di Amerika Serikat yang dikenal sebagai kebijakan ‘Roe Vs Wade’.

“Aku merasa hancur dan takut bahwa begitu banyak wanita dan gadis yang mati karena hal ini,” tutur Rodrigo dikutip dari Deadline pada Senin (27/06/2022). 

“Aku ingin mendedikasikan lagu berikutnya kepada lima anggota Mahkamah Agung yang telah menunjukkan kepada kita bahwa pada akhirnya, mereka benar-benar tidak peduli tentang kebebasan,” tambah Olivia sebelum menyanyikan 'F-You' karya Allen pada 2009 lalu. 

Sebelumnya, diketahui lima dari sembilan anggota Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS) diketahui setuju untuk menghapus perlindungan aborsi terhadap wanita. 

Olivia pun menyebut nama kelima anggota dewan tersebut, yakni Samuel Alito, Clarence Thomas, Neil Gorsuch, Amy Coney Barrett, dan Brett Kavanaugh. 

“Kami benci kalian!” tambah Olivia. 


Sebelumnya, Pada 1969 lalu, dengan nama samaran ‘Jane Roe’, seorang wanita Amerika ingin melakukan aborsi tanpa alasan yang mendesak. Namun, negara bagian tempat ia tinggal kala itu, Texas, masih melarang aborsi.

Atas hak pribadi perempuan atas tubuhnya sendiri, Roe pun menggugat Mahkamah Agung US terkait pelarangan aborsi tersebut. Adapun penggugatan tersebut ditujukan kepada Pengadilan Texas dengan nama Henry Wade. Karena itulah, kasus tersebut dikenal dengan 'Roe vs Wade'. 

Kala itu, Mahkamah Agung AS pun mengabulkan gugatan Roe. Dari sembilan orang hakim, tujuh orang di antaranya setuju untuk memberikan perempuan perlindungan untuk melakukan aborsi. 

Namun, baru-baru ini Mahkamah Agung AS kembali mengkaji aturan tersebut. Hasilnya, lima dari sembilan anggota Mahkamah Agung setuju untuk mencabut aturan perlindungan aborsi tersebut.

Berita Lainnya