Perjalanan Karier Tiara Andini dari Penyanyi Kondangan ke Nominasi MTV EMA 2023

Love you, Titi <3

Penyanyi Indonesia, Tiara Andini. (INSTAGRAM/TIARA ANDINI)
Fri, 06 Oct 2023

Tiara Andini mewakili Indonesia dalam ajang penghargaan musik bergengsi tingkat internasional, MTV Europe Music Awards (MTV EMA) 2023 yang akan diselenggarakan di Paris pada 5 November mendatang.

Penyanyi kelahiran 2001 ini masuk ke dalam kategori Best Asia Act bersama BE:FIRST (Jepang), BRIGHT (Thailand), Moira (Filipina), dan TREASURE (Korea Selatan).

Reaksi ketika Tiara Andini tahu dirinya masuk ke dalam nominasi penuh gengsi ini juga diabadikan dalam video yang diunggah oleh akun MTV ASIA.



Video tersebut pun diunggah dengan keterangan dari MTV yang mengatakan, “Betapa lucunya EMA reaksi yang satu ini?”

Masuknya Tiara Andini dalam nominasi tersebut didukung oleh single terbaru full bahasa Inggris pertamanya berjudul “Flip It Up” dengan tema lagu pop dance R&B.

Menariknya, lagu "Flip It Up" berkolaborasi dengan produser musik internasional yaitu Hyuk Shin.

Shin adalah produser musik dan lagu asal Korea Selatan yang sering bekerja sama dengan artis K-Pop ternama seperti SNSD dan Shinee.

Dalam lagu ini, Tiara yang biasanya menyanyikan lagu pop ballad, kini mengeksplorasi kemampuannya dalam menyanyikan lagu rap.

Sebelum mendapatkan nominasi di MTV EMA, karier bermusik Tiara Andini di usia muda bisa dibilang cukup cepat dan gemilang, Kawula Muda.

Berikut adalah perjalanan karier Tiara Andini sebagai jebolan Indonesian Idol yang kini mewakili Indonesia di MTV EMA 2023.

Kehidupan Tiara Andini dan Musik

Pemilik nama lengkap Tiara Anugrah Eka Setyo Andini ini lahir di Jember pada 23 September 2001. 

Sebelum memulai kariernya sebagai penyanyi, Tiara pernah menjadi model di Jember Fashion Carnaval dan menjadi peraga busana di penutupan Asian Games 2018. 

Karier bernyanyi jengang nasionalnya pun dimulai di ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim kesepuluh 2019-2020 sebagai runner up peringkat dua.

Bakatnya dalam bermusik didapatkan dari kedua orang tuanya. Ayah Tiara adalah seorang penata musik dan ibunya berprofesi sebagai penyanyi. Tiara sudah melatih vokalnya sejak kelas 5 SD. 

Mulai dari sana, Tiara aktif mengikuti festival kontes bernyanyi. Di sekolah, ia juga mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni musik.

Selain itu, Tiara yang mempelajari banyak genre musik dari pop, keroncong sampai Mandarin pun pernah menjadi penyanyi undangan pernikahan dan membawakan lagu-lagu Mandarin.

Awal Karier Tiara Andini dalam Kontes Musik 

Sebelum sukses di Indonesian Idol, pelantun “Tega” ini sempat menjadi finalis di Bintang Radio Indonesia dan ASEAN RRI-Jember tahun 2017.

Ia juga pernah mengikuti audisi di The Voice Kids Indonesia serta The Voice Indonesia namun keberuntungannya tidak di jalur kontes tersebut, Kawula Muda.

Tiara Gagal di babak audisi The Voice Indonesia musim ketiga 2018 lalu, kala membawakan lagu “Bang Bang” dari Jessie J, Ariana Grande dan Nicki Minaj.

Karier di Indonesian Idol Musim Kesepuluh

Tiara Andini memulai audisi di Indonesian Idol pada 2019 dengan membawakan lagu “Could It Be” yang dipopulerkan oleh Raisa. 

Baru saja menaruh kaki di jenjang audisi, Tiara mencetak sejarah sebagai gadis pertama yang membawa pulang Platinum Ticket dari Judika dan berhasil bertahan sampai babak final untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesian Idol, Kawula Muda.

Tiara Andini di Indonesian Idol Musim Kesepuluh (YouTube/Indonesian Idol)

 

Banyak momen-momen dari Tiara Andini selama berada di Indonesian Idol, salah satunya ia terkenal dengan julukan "Tiara Cendol" usai membawakan lagu “Pamer Bojo” karya Didi Kempot yang mana lagu tersebut berisi lirik “cendol dawet”.

Saat menjalani karantina kurang lebih lima bulan, Tiara juga mendapat dispensasi dari sekolah dan terpaksa untuk mengikuti Ujian Sekolah di jenjang SMA secara susulan, Kawula Muda.

Gadis asal Jember ini berhasil meraih posisi kedua setelah Lyodra Ginting dalam ajang Indonesian Idol 10. Kini ia berada di bawah label Universal Music Indonesia dan ditangani oleh management artis dari MNC Group, Star Media Nusantara.

Kolaborasi Tiara Andini yang Mendunia

Indonesian Idol adalah tempat bertemunya Tiara dengan sahabatnya di industri musik termasuk Ziva Magnolya dan Lyodra Ginting. Ketiganya mendapat julukan “The Super Girls” karena untuk pertama kalinya ajang tarik suara ini berisikan perempuan dalam posisi tiga besar.

Tiara, Lyodra dan Ziva berkolaborasi dalam lagu “Terlanjur Mencinta” ciptaan Yovie Widianto yang diaransemen kembali dengan apik. Ketiganya juga kembali menyanyikan lagu “Menyesal” yang sempat dipopulerkan oleh Ressa Herlambang di tahun 2008 lalu.


Tak hanya menyanyikan lagu yang diaransemen ulang, The Super Girls berkolaborasi dengan grup EDM Weird Genius untuk membawakan lagu “Glorious” sebagai theme song Piala Dunia U-20 FIFA 2023.

Selain itu, Tiara juga berkesempatan untuk berkolaborasi dengan Zack Tabudlo, penyanyi asal Filipina dalam lagu “By My Side” yang telah rilis pada Oktober 2022 lalu. 

Bahkan, Tiara juga pernah berduet dengan saingannya dalam MTV EMA 2023, Bright Vachirawit dalam acara Giveaway Roboguru Show yang tayang di beberapa televisi swasta Indonesia.

Tiara Andini dan Bright dalam Acara Giveaway Roboguru Show (ruangguru)

 

 Penghargaan Tiara Andini dalam Karier Bermusik  

Dua hari menjelang perilisan debut albumnya pada 2021 lalu, Tiara dipercaya oleh Spotify sebagai Artist of the Month dari Indonesia dalam rangka program kampanye Spotify Equal

Dalam kampanye tersebut foto Tiara terpilih dipasang di papan reklame digital Times Square, New York, Amerika Serikat.

Tiara Andini dalam kampanye Spotify Equal di Times Square New York (Twitter/umusicindonesia)

  

Tiara Andini berhasil memuncaki penjualan digital di iTunes pada hari perilisan serta berhasil masuk ke tangga lagu Apple Music pada posisi kedua. 29 hari sejak perilisan, jumlah pendengar Tiara Andini telah mencapai lebih dari 100 juta streaming di Spotify.

Berikut adalah beberapa penghargaan yang berhasil dimenangkan oleh Tiara Andini sepanjang karier bermusiknya:

- Ambyar Awards (2020)

- Dahsyatnya Awards (2020)

- Mnet Asian Music Awards (2020)

- Anugerah Musik Indonesia (2021)

- Indonesian Music Awards (2022)

- Social Media Awards (2020)

- Telkomsel Awards (2020)

- Dahsyatnya Awards (2023)

MooTiara, yuk kita dukung karier Tiara Andini dan jangan lupa untuk vote Tiara di MTV EMA yang sudah dibuka sampai 31 Oktober 2023 di www.mtvema.com. Vote sebanyak-banyaknya agar Tiara menang mewakili Indonesia ya!

Berita Lainnya