Comeback! SEBY Rilis Single Kedua "00.00", Explore Genre R&B Acid Jazz

Lagunya menceritakan perbedaan waktu dari sepasang kekasih, Kawula Muda

SEBY Rilis Single Terbaru "00.00" (ISTIMEWA)
Fri, 06 Oct 2023

Setelah rehat hampir 2 tahun semenjak perilisan single perdananya “Berubah”, SEBY akhirnya merilis single kedua berjudul “00.00” yang di rilis pada Jumat (29/09/2023).

Lagu ini merupakan salah satu demo yang telah ia tulis sendiri sejak tahun 2022 lalu. 

Pada single ini, SEBY bekerja sama untuk pertama kalinya bersama SEEK Music sebagai Produser dan kedua kalinya bersama Mohammed Kamga sebagai Vocal Director. 

Proses pembuatan single ini cukup panjang, Kawula Muda. Mulai dari workshop pertama bersama produser hingga proses pengambilan dan editing gambar untuk music video kurang lebih memakan waktu empat hingga lima bulan di tengah kesibukan SEBY sebagai mahasiswa Hukum.

Melalui single “00.00” SEBY kembali membawa topik yang sama seperti debut single-nya “Berubah” yaitu mengenai waktu. Single “00.00” mengisahkan kesulitan dalam menjalin kedekatan hubungan mereka dikarenakan adanya perbedaan zona waktu siang dan malam.

Menurut SEBY, “Globalisasi adalah pengaruh besar dalam trend maupun romance style kebanyakan remaja di generasi Z seumuran aku, di mana muncul istilah love language, red flag, ghosting, dan lain-lain.” 

“Aku harap para pendengar yang bisa relate dengan lagu ini jadi tahu bahwa despite the challenges, seperti zona waktu yang beda, trying for love pasti selalu worth it,” tambah SEBY.

Dalam proses pembentukan karakter, SEBY menggabungkan beberapa referensi yang ia pelajari seperti karakter range vokal mezzo R&B yang effortless dari NewJeans dan H.E.R. hingga solo gitar dari lagu funk ciptaan John Mayer yang sudah menjadi panutan SEBY sejak SMP. 

Ditambah beberapa referensi dari musisi-musisi Acid Jazz seperti Jamiroquai dan The Brand New Heavies yang menjadi pengaruh dalam single “00.00”.

Pada proses rekaman yang diproduseri oleh SEEK Music, SEBY merasa sangat didukung dengan ide-ide menariknya seperti halnya dalam penulisan lirik. 

“Sebelum recording pas lagi aku nulis lagu ini ada satu kalimat lirik yang menurut aku cukup nyeleneh yaitu ‘Love is Alkaline’ tapi menurutku enak aja pas didengerin bareng musiknya,” ungkap SEBY. 

“Tapi ternyata pas lagi workshop bareng kaka-kaka SEEK Music, justru di part lirik itu di kasih riff & run di bagian ‘Alkaline’ nya. Jadi lirik yang tadinya aku pikir agak nyeleneh dan bakal diganti itu justru di-support dan di perjelas, which is kinda funny!” 

Selain merilis single melalui streaming platform, SEBY juga menghadirkan music video yang di garap bersama dengan Titik Sembilan sebagai Production House. Titik Sembilan mampu menghadirkan imajinasi SEBY yang ingin menggambarkan hal yang simple agar tetap menarik hingga akhir video. 


Melewati lagu ini, SEBY berharap dukungan atas karyanya dan ingin supaya industri musik dengan genre R&B Acid Jazz 90an bisa kembali berjaya. 

Single terbaru dari SEBY berjudul “00.00” sudah dapat di berbagai digital streaming platform dan music video yang tayang pada kanal YouTube SEBY.

Berita Lainnya