Rekomendasi Drama Korea untuk Tingkatkan Semangat Belajar Kamu!

Ada drama favorit lo gak, Kawula Muda?

Ilustrasi nonton drama korea (FREEPIK.COM)
Sun, 06 Mar 2022

Kawula Muda, menonton drama Korea bisa jadi salah satu aktivitas penyalur rasa stres. Selain itu, manfaat positif lain dari menonton drama Korea adalah menambah motivasi. 

Ketika melihat tokoh utama yang berjuang keras untuk mencapai mimpinya, bisa saja energi positif tersebut tersalurkan kepada para penonton. Misalnya ketika melihat para tokoh belajar dengan giat untuk mengejar mimpi mereka. Semoga rekomendasi drama Korea ala-ala Prambors ini bisa menambah motivasi kamu untuk belajar ya, Kawula Muda! 

Law School (2021)


Menceritakan kisah para mahasiswa hingga profesor di Fakultas Hukum Universitas Hankuk, drama ini menjadi salah satu drama populer di Netflix. Tidak hanya berfokus pada pembunuhan yang melibatkan para tokoh utama, drama tersebut juga menceritakan semangat belajar dari para tokohnya. Terbukti, pada setiap episodenya, diselipkan adegan perjuangan para mahasiswa agar lulus ujian hukum dan berhasil  memecahkan kasus pembunuhan tersebut. 

Drama ini turut mendapat pujian karena berhasil menggambarkan kehidupan seorang pelajar maupun mahasiswa yang sebenarnya. Misalnya saja saat Kang Sol A (Ryu Hye Young) belajar hingga larut malam tetapi tetap gagal dalam ujiannya. Ada pula cerita ketika salah satu anggota kelompok belajar ‘mengkhianati’ satu sama lain. Namun, semangat belajar yang tinggi dari Kang Sol A berhasil memacunya agar tetap berjuang untuk lulus dan menjadi seorang pengacara hebat. 

Start Up (2019)


Dibintangi Bae Suzy (Seo Dal Mi) dan Nam Joo Hyuk (Nam Do San), drama ini menceritakan proses pendirian perusahaan rintisan dari nol. Namun, tentu saja, keberhasilan tidak didapat begitu saja. Terdapat beberapa adegan yang memperlihatkan kesulitan dan perjuangan para tokoh utamanya agar sukses meraih mimpi mereka. 

Misalnya saja adegan saat Seo Dal Mi membaca berbagai buku tentang bisnis hingga larut malam. Selain itu, ada pula adegan saat Dal Mi dan kelompoknya berjuang agar lolos tahap seleksi Sandbox dengan bekerja selama berjam-jam. Adegan yang menceritakan latar belakang Han Ji Pyung (Kim Seon Ho) saat belajar keras agar dapat sukses sebagai seorang investor juga bisa menambah motivasi belajar kamu, loh! 

Dr. Romantic 2 (2020)


Dengan fokus di dunia kedokteran, drama ini tentu tidak terlepas dari sisi perjuangan para tokohnya untuk ‘belajar’. Dikarenakan memiliki trauma, dokter Cha Eun-Jae (Lee Sung-Kyung) diceritakan tidak mampu bertahan di ruang operasi. Namun, ketika pindah ke rumah sakit Doldam dan bertemu dengan Guru Kim, Eun-Jae perlahan mencoba mengatasi rasa takut tersebut. 

Terdapat beberapa selipan adegan yang kembali membawa Cha Eun-Jae dan rekannya, Seo Woo-Jin (Ahn Hyo-Seop) ke masa kuliah kedokteran mereka. Semangat belajar mereka yang tinggi turut disampaikan kepada penonton saat keduanya rutin belajar bersama dan bertukar catatan. Salah satu pesan yang disampaikan dari drama ini adalah pentingnya rekan seperjuangan untuk meraih mimpi kamu. 

Our Beloved Summer (2022)


Drama ini menceritakan hubungan antara Kook Yeon Su (Kim Da Mi) sang ‘siswi teladan’ serta Choi Ung (Choi Woo Shik) sang ‘siswa rangking terbawah’. Walaupun keduanya memiliki perbedaan rangking yang sangat jauh ketika SMA, hal itu tidak menutup kesempatan bagi Choi Ung untuk tetap sukses dalam bidang yang disukainya.

Berbagai cuplikan adegan pun menunjukkan saat keduanya berusaha meraih mimpi masing-masing. Misalnya saja Young Su yang berusaha belajar dengan giat (termasuk setelah lulus sekolah) untuk meraih mimpinya, serta Woo Shik yang konsisten berlatih menggambar karya ilustrasinya. Lewat drama ini, dibuktikan bahwa semangat belajar bukan hanya berlaku dalam kegiatan akademik saja, melainkan kegiatan non-akademik juga.

Sebenarnya masih tokoh utama dari berbagai drama Korea yang mampu meningkatkan motivasi belajar para penontonnya. Namun, motivasi tersebut tentu akan sia-sia apabila tidak ada pergerakan yang dilakukan secara nyata. Oleh karena itu, jangan berlebihan dalam menonton drama dan tetap siapkan waktu untuk belajar, ya Kawula Muda! 

Berita Lainnya